Comscore Tracker

Pindah ke Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Bebas Bulan Juli

Dia divonis hukuman 4 tahun penjara

Makassar, IDN Times - Mantan Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin akan menjalani empat bulan lebih sisa masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Terpidana kasus Korupsi PDAM Makassar itu dipindahkan dari LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Kepala Lapas Makassar Budi Sarwono mengatakan, Ilham akan menjalani hukuman sesuai vonis, yakni 4 tahun sejak Juli 2015. Di LP Sukamiskin, dia telah menjalani 3,5 tahun lebih masa tahanan. Ilham juga disebut telah membayar denda dan pengganti kerugian negara seperti diperintahkan pengadilan.

“Sisanya tidak sampai lima bulan, kira-kira kurang lebih sampai 15 Juli. Kita tidak tahu ke depan apakah ada hak remisi atau yang lain, kita tunggu saja prosesnya,” kata Budi di Makassar, Senin (18/2).

1. Perpindahan berdasarkan permintaan pribadi

Pindah ke Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Bebas Bulan JuliIDN Times / Aan Pranata

Ilham Arief Sirajuddin menghuni LP Makassar sejak Sabtu (16/2). Dia ditempatkan di Blok Tipikor sesuai jenis hukuman pidana yang dijalani. Di sana, mantan Wali Kota Makassar periode 2003-2013 bersama tiga orang napi kasus korupsi lainnya.

Budi menerangkan, pemindahan Ilham ke Makassar menurut permintaan pribadi yang bersangkutan. Prosesnya juga sudah disetujui Kementerian Hukum dan HAM. Pemindahan dari LP Sukamiskin dibiayai sendiri oleh Ilham, namun didampingi oleh petugas Lapas.

“Alasannya pindah ke sini karena ingin lebih dekat dengan keluarga. Sebenarnya sudah dari dulu dia ingin pindah,” kata Budi.

2. Ilham berencana mengajukan asimiliasi

Pindah ke Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Bebas Bulan JuliIDN Times/Abdurrahman

Usai ditempatkan di Lapas Makassar, Ilham berencana mengajukan sejumlah haknya sebagai narapidana. Salah satunya asimiliasi menjelang bebas, yakni pembinaan dengan membaurkan narapidana dalam kehidupan masyarakat.

Ilham juga menyatakan akan berupaya mendapatkan hak remisi, agar sisa masa tahanan bisa lebih singkat. Dia berharap upayanya direspon baik di tingkat Lapas dan Dirjen Pemasyarakatan di Kemenkumham.

“Asimilasi penting sebagai sosialisai agar narapidana tidak kaget berada di tengah masyarakat. Mudah-mudahan saya bisa dapatkan hak itu. Hak remisi juga kita ajukan saja, mudah-mudahan direspon baik,” ucapnya.

3. Wali Kota Makassar belum bisa membesuk dalam waktu dekat

Pindah ke Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Bebas Bulan JuliIDN Times / Aan Pranata

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku telah mendapatkan informasi soal pemindahan Ilham ke Lapas Makassar. Dia pun menyatakan akan menyempatkan diri membesuk.

Danny -sapaan Ramdhan- dan Ilham merupakan kolega lama. Saat Ilham menjabat wali kota, Danny merupakan staf ahlinya di bidang tata ruang. Namun rencana membesuk belum bisa dipastikan, mengingat Danny tengah sibuk di pemerintahan maupun sebagai juru kampanye Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Tergantung waktunya, apakah beliau (Ilham) punya waktu atau bagaimana. Kan dekat. Karena sekarang, saya ada kegiatan terus,” kata Danny.

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You