Pilkada Makassar: Munafri Arifuddin Kembali Kalah di TPS Sendiri

Saat melawan kolom kosong tahun 2018, dia juga kalah di sana

Makassar, IDN Times - Calon Wali Kota Makassar nomor urut 1 Munafri Arifuddin meraih hasil negatif di tempatnya mencoblos, TPS 003 Kelurahan Sawerigading Kecamatan Ujung Pandang. Appi yang berpasangan dengan Abdul Rahman Bando gagal meraih suara terbanyak di sana.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat TPS, Appi-Rahman mengumpulkan 23 suara. Perolehan suara mereka kalah dari Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto, yang memimpin dengan 67 suara, serta Syamsu Rizal-Fadli Ananda dengan 26 suara. Di TPS itu, pasangan calon nomor urut 4 Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin tidak meraih satu pun suara.

TPS 003 berisi 302 daftar pemilih tetap (DPT). Hingga pemungutan suara ditutup pukul 13.00 Wita, pengguna hak pilih cuma 117 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 116 suara dinyatakan sah.

Sebelumnya diberitakan, Munafri mencoblos di TPS 003 Sawerigading pukul 10.05 Wita. Bos klub sepak bola PSM Makassar itu didampingi istrinya, Melinda Aksa, dan sang mertua Aksa Mahmud. Ketiganya kompak mengenakan pakaian berwarna putih.

Diwawancarai wartawan usai memilih, Appi mengingatkan agar semua pihak, terutama penyelenggara pemilu, agar memastikan semua tahapan pilkada berlangsung secara adil, jujur, dan bisa dipertanggungjawabkan. Dia berharap Pilkada Makassar 2020 tidak berujung kisruh.

"Dengan pemilu adil, baik, jujur, tentu akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Kita sangat berharap. Kepada semua masyarakat kota Makassar, ini adalah pesta kita bersama," katanya.

Ini bukan kali pertama Appi kalah di TPS sendiri. Sebelumnya, pada Pilkada Makassar 2020, dia yang mencalonkan diri berpasangan dengan Andi Rachmatika Dewi juga kalah di tempat yang sama. Saat itu mereka jadi pasangan tunggal.

Waktu itu,  Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi cuma mendapatkan 43 suara. Perolehan itu kalah jauh dari perolehan kolom kosong, yakni 91 suara. Karena hasil rekapitulasi akhir Pilkada Makassar 2018 dinyatakan tanpa pemenang, pemilihan diulangi tahun ini.

Baca Juga: Munafri Arifuddin Memilih Didampingi Istri dan Aksa Mahmud

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya