Peta Kandidat Pilkada Makassar, Tiga Parpol Belum Bersikap

Dua kandidat mendapat sinyal kuat dari parpol

Makassar, IDN Times – Peta politik masih dinamis jelang Pemilihan Kepala Daerah Makassar 2020. Sejauh ini sebagian partai politik belum memastikan siapa kandidat yang akan diajukan sebagai pasangan calon.

Setidaknya ada tiga parpol yang belum mengisyaratkan akan mencalonkan siapa di Pilkada Makassar. Yaitu Demokrat, Gerindra, dan Perindo. Sedangkan parpol lain sudah ada yang mengeluarkan rekomendasi atau mengklaim kandidatnya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle, kepada Antara, Kamis (25/6) mengatakan, partainya segera mengumumkan nama-nama pasangan calon di pilkada serentak. Sebab tahapan pilkada sudah mulai berjalan lagi setelah tertunda karena pandemik.

"Kami di Demokrat sejauh ini sudah mengirimkan nama-nama bakal calon pada12 kabupaten kota termasuk Makassar ke DPP. Nama-nama itu yang sudah mengikuti uji kelayakan," kata Selle, dikutip Jumat (26/5).

Baca Juga: Temui Pj Wali Kota, KPU Makassar Ajukan Tambahan Anggaran Rp6 Miliar 

1. Rekomendasi parpol segera terbit dalam waktu dekat

Peta Kandidat Pilkada Makassar, Tiga Parpol Belum BersikapIDN Times/I Gusti Ngurah Made Wirawan

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Andi Irwan Darmawan Aras menyatakan rekomendasi partainya terhadap pasangan calon segera diumumkan dalam waktu dekat. Rekomendasi bakal langsung diserahkan kepada kandidat bersangkutan.

"Insya Allah, pekan ini kita agendakan untuk dikeluarkan (rekomendasi) dan secara bertahap. Saya akan serahkan langsung," ucap Irwan.

Terpisah, Ketua DPW Partai Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi dari DPP, sebab yang menentukan siapa calon di pilkada adalah pengurus pusat.

"Kami masih menunggu konfirmasi DPP soal usungan itu. Jelasnya ada empat daerah belum keluar rekomendasinya seperti Kota Makassar, Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Luwu Utara," Sanusi menyebutkan.

2. Dua pasangan dapat sinyal kuat dukungan parpol

Peta Kandidat Pilkada Makassar, Tiga Parpol Belum Bersikap(IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini ada dua pasangan kandidat kepala daerah Makassar yang menerima sinyal kuat untuk dicalonkan oleh parpol. Masing-masing kandidat harus diusung oleh parpol dengan jumlah minimal sepuluh kursi di DPRD Makassar.

Syamsu Rizal berpasangan dengan Dadli Ananda sudah mendapat dukungan dari PKS yang punya lima kursi, PDIP enam kursi, serta PKB satu kursi. Sehingga total mereka didukung parpol dengan total 12 kursi.

Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto sudah mengantongi rekomendasi dari Partai NasDem, pemiik enam kursi. Dia juga menerima isyarat dukungan dari Partai Golkar (5 kursi). Tapi masing-masing partai mendorong kadernya untuk menjadi bakal calon wakil wali kota.

3. Bos PSM Makassar dan adik Mentan berupaya meraih tiket parpol

Peta Kandidat Pilkada Makassar, Tiga Parpol Belum BersikapIDN Times/Arief Rahmat

Dua kandidat lain masih berupaya memenuhi syarat pencalonan dari jalur parpol. Irman Yasin Limpo atau None mengklaim dukungan dari PAN dengan lima kursi. Adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu membutuhkan tambahan lima kursi agar bisa mencalonkan diri.

Di sisi lain, CEO PSM Makassar Munafri Arifudin tengah berjuang mencari tambahan dukungan parpol. Dia mengaku mendapat dukungan dari PPP (5 kursi), Hanura (3), dan Berkarya (1).

Arah dukungan tiga parpol akan menentukan peta politik jelang Pilkada Makassar, 9 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga: KPU Makassar Tak Ubah Target Partisipasi Pilkada di Tengah Pandemik 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya