Pendukung IAS di Musda Demokrat Melunak, Terima Putusan DPP

Kader menerima pelantikan Ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah

Makassar, IDN Times - Pendukung Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang sempat menolak keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mulai melunak. Mereka menerima penunjukan Ni'matullah sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Soppeng, Haeruddin Tahang, salah satu yang menyatakan telah menerima keputusan DPP. Dia bahkan menampik soal adanya wacana memboikot kedatangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pelantikan Ni'matullah, 22 Mei 2022 mendatang.

"Terkait ada suara yang ingin memboikot, saya tidak yakin teman-teman bisa melakukan itu... kalau kita memang cinta Demokrat," kata Haeruddin saat dihubungi wartawan, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah Dilantik 22 Mei

1. Kader diminta mematuhi keputusan DPP

Pendukung IAS di Musda Demokrat Melunak, Terima Putusan DPPIlham Arief Sirajuddin berfoto bersama Ni'matullah saat Musda ke-IV DPD Partai Demokrat Sulsel di Hotel Four Points Makassar, Rabu (22/12/2021). IDN Times/Istimewa

Haeruddin mengatakan, wacana penolakan seharusnya sudah berlalu. Dia mengajak para kader Demokrat se-Sulsel menerima keputusan DPP. Dia mencontohkan dirinya yang pada Musyawarah Daerah (Musda) lalu mendukung IAS.

"Tidak usah lagi ribut-ribut. Kalau ada perbedaan di Musda ya wajar. Saya juga waktu di Musda, ada di Pak Ilham," katanya.

Saat ini kader, kata Haeruddin, tidak lagi mempersoalkan soal penunjukan ketua DPD Demokrat Sulsel. Sebab sudah ada keputusan DPP dan itu harus dihormati.

"Sekarang kan sudah diagendakan pelantikan. Bahwa kita harus hormati apa yang diputuskan Tim 3 DPP," dia menambahkan.

2. Kader siap kawal kedatangan AHY di Sulsel

Pendukung IAS di Musda Demokrat Melunak, Terima Putusan DPPKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Gowa Andi Jehan Indira menekankan bahwa pihaknya telah menerima keputusan partai. Selain menerima soal penunjukan ketua di tingkat Sulsel, Demokrat Gowa juga siap mengawal agenda kedatangan AHY pada pelantikan nanti.

"Kami akan berada di garda terdepan mengawal AHY selama di Sulsel. AHY harga mati bagi kami kader partai Demokrat. Proses pemilihan ketua DPD sudah selesai dan sudah sesuai dengan aturan organisasi yang ada," katanya.

3. Ni'matullah dilantik pada 22 Mei

Pendukung IAS di Musda Demokrat Melunak, Terima Putusan DPPKetua Demokrat Sulsel Ni'matullah. (IDN Times/Abdurrahman)

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan terpilih periode 2022-2027 Ni'matullah segera dilantik oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Awalnya, pelantikan diagendakan pada Selasa, 17 Mei 2022, namun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) belakangan memutuskan mengundur.

"Sudah pasti tanggal 22 (Mei). Alasannya, kita kan selalu mengikut sama jadwalnya DPP," kata Ketua Tim Kerja Pelantikan DPD Demokrat Sulsel Nurlinda Salangke, Kamis (12/5/2022).

Nurlinda mengatakan, lokasi pelantikan segera dipastikan. Sedangkan persiapan lainnya disebut sudah mencapai 90 persen.

Jelang pelantikan, ada riak-riak penolakan dari kubu pesaing Ni'matullah pada Musda Demokrat 2021, yakni Ilham Arief Sirajuddin. Namun menurut Nurlinda, itu tidak menghalani agenda pelantikan.

"Lagian penolakan seperti apa itu. Ini kan semua sudah selesai, tinggal pelantikan," katanya.

Baca Juga: Ni'matullah Ditunjuk Lanjut Pimpin Demokrat Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya