Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Meninggal di RS

Korban dievekuasi petugas polisi dan relawan

Makassar, IDN Times - Seorang pendaki dievakuasi dari Gunung Bawakaraeng di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, karena mengalami hipotermia, Senin (12/9/2022). Sempat dirawat di rumah sakit, korban akhirnya meninggal.

Korban bernama Muhammad Ridwan, 24 tahun, warga Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, dievakuasi dari pos 7 pendakian Gunung Bawakaraeng. Awalnya, dia dilaporkan mengalami sesak nafas sebagai gejala hipotermia.

"Bhabinkamtibmas Polsek Tinggimoncong bersama Babinsa dan tim relawan Mountain Rescue Bawakaraeng (MRB) telah mengevakuasi terhadap salah seorang pendaki yang alami hipo atau sesak nafas saat melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng," kata Kepala Seksi Humas Polres Gowa AKP Hasan Fadhlyh, dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: 2065 Pendaki Upacara HUT RI di Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma

1. Korban dievakuasi dari pos 7 pendakian

Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Meninggal di RSilustrasi Gunung Bawakaraeng (Instagram.com/rmbtravelindo)

Hasan mengatakan, korban Ridwan bersama rekan-rekannya naik ke Gunung Bawakaraeng pada Jumat malam (9/9/2022). Mereka berencana turun pada hari Minggu (11/9/2022). Namun, di perjalanan antara pos 8 dan pos 7 jalur pendakian, korban menunjukkan gejala hipotermia.

"Kemudian teman korban meminta bantuan ke Pos Register Lembanna," kata AKP Hasan Fadhlyh.

2. Dua tim dikerahkan mengevakuasi korban

Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Meninggal di RSIlustrasi pencarian orang hilang di gunung. IDN Times / Istimewa

Setelah menerima laporan, dua tim bergerak mengevakuasi korban. Satu tim berjumlah empat orang lebih dulu naik, disusul tim kedua dengan empat orang lain.

"Setelah korban dievakuasi melalui jalur Bulubalea, korban tiba pada hari Senin tanggal 12 September 2022 sekitar pukul 15.00 WITA dan selanjutnya korban dibawa langsung ke Puskesmas Tinggimonconh untuk mendapatkan perawatan selanjutnya," kata AKP Hasan Fadhlyh.

3. Korban meninggal di rumah sakit

Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Meninggal di RSIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

AKP Hasan mengatakan, korban yang dievakuasi dari Gunung Bawakaraeng sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Namun nyawanya tak tertolong. Korban meninggal di rumah sakit.

Hasan mengucapkan apresiasi kepada tim relawan yang bekerja keras mengevakuasi korban. Dia juga mengimbau para pendaki berhati-hati dan memperhatikan kesehatan serta keselamatan.

Baca Juga: Gunung Bawakaraeng: Info Rute, Tiket, dan Aktivitas Seru

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya