Pencarian Penumpang Terjatuh dari Kapal Diperluas ke Perairan Takalar

Pencarian memasuki hari ketiga

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian korban tenggelam di perairan Makassar, pada hari ketiga, Senin (15/4). Tim pencari belum menemukan keberadaan penumpang kapal motor penumpang (KMP) Dharma Rucitra VII yang dilaporkan terjatuh ke laut, pada Sabtu (13/4) lalu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar menerima laporan dari distrik navigasi VTS Makassar, bahwa penumpang kapal terjadi pada Sabtu dinihari. Saat itu kapal sedang berlayar dalam rute Makassar-Surabaya.

“Hingga hari ini penyisiran belum membuahkan hasil,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar Taufiek Rachman di Makassar, Senin (15/4).

1. Pencarian dikoordinir tim Basarnas

Pencarian Penumpang Terjatuh dari Kapal Diperluas ke Perairan TakalarIDN Times / Istimewa

Nurhidayat Sukardin, Koordinator Lapangan BPBD Makassar mengungkapkan, pencarian pada hari ketiga tetap menggunakan dua perahu karet bermesin serta kapal rigid. Tim gabungan lintas lembaga dikoordinir oleh Basarnas, untuk menyisir kawasan pesisir Makassar hingga ke pulau terluar.

Dua hari sebelumnya, pencarian dilakukan dari pagi hingga petang dengan menyusuri area di sekitar titik koordinat jalur kapal. Yakni di sekitar Pulau Kodingareng dan di sepanjang pesisir Pantai Tanjung Bayang.

“Sekarang areanya diperluas hingga ke perairan pulau Sanrobengi, di Kabupaten Takalar. Kita tetap berupaya mencari keberadaan korban,” ucap Hidayat.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Cari Penumpang Kapal yang Jatuh di Perairan Makassar

2. Nelayan sekitar diminta melaporkan jika mendapat tanda keberadaan korban

Pencarian Penumpang Terjatuh dari Kapal Diperluas ke Perairan TakalarDok. IDN Times/Istimewa

Dengan area pencarian yang begitu luas, tim SAR gabungan menyadari keterbatasan sarana dan personel. Karena itu mereka juga membutuhkan bantuan dari masyarakat.

Nurhidayat menerangkan, pihaknya telah meminta kepada nelayan yang ditemui di perairan, agar ikut memperhatikan laut sekitar. Jika menemukan keberadaan korban, warga bisa melapor ke kepolisian terdekat.

3. Belum diketahui penyebab penumpang terjatuh ke laut

Pencarian Penumpang Terjatuh dari Kapal Diperluas ke Perairan TakalarYoutube / Eriko Syah

Sebelumnya, BPBD Makassar mengaku tidak mengetahui identitas penumpang KMP Dharma Rucitra VII yang terjatuh di perairan Makassar. Pada Senin (15/4), diperoleh informasi dari VTS Makassar bahwa korban bernama Supendil. Warga asal Pati, Jawa Tengah diketahui berusia 45 tahun.

Adapun kronologi terjatuhnya penumpang dari kapal, hingga kini belum diketahui dengan jelas. “Kami cuma menerima informasi adanya penumpang yang jatuh, tapi penyebabnya apa juga belum jelas,” kata Nurhidayat.

Baca Juga: Tingkatkan Pariwisata, Kemenhub Hibahkan 24 Kapal Pinisi kepada Pemda

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya