PAN Sulsel Godok Kandidat Capres di Rakerda

Kandidat usulan dari Sulsel bakal dibawa ke Rakernas

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan mengagendakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Makassar, 18-30 Juni 2022. Salah satu isunya adalah menggodok nama-nama bakal calon presiden dan wakil presiden usulan kader.

"Rencana ada 10 nama bakal calon presiden yang akan disaring nantinya dalam Rakerda. Semua pengurus DPD 24 kabupaten kota diundang hadir," sebut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai PAN Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB, dikutip dari Antara, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Siapa Pengganti Zulhas di MPR? PAN: Belum Kami Bahas

1. Usulan dari Sulsel dibawa ke Rakernas

PAN Sulsel Godok Kandidat Capres di RakerdaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Irfan mengatakan, agenda tersebut menindaklanjuti arahan politik DPP PAN. Mengingat, partainya merupakan salah satu parpol masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sengaja dibentuk untuk menghadapi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada 14 Februari tahun 2024.

Mengenai nama-nama bakal calon yang diusulkan dan ditampung pada Rakerda itu, hasilnya akan dibahas kembali di Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) selanjutnya dibawa ke Rapat Kerja Nasional atau Rakernas.

"Jadi, hasil yang berkembang nantinya di teman-teman dari daerah kita akan sampaikan di Rakernas, bahwa inilah suara dari bawah," ucap Irfan.

2. Nama Anies hingga Ganjar mengemuka

PAN Sulsel Godok Kandidat Capres di RakerdaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) (Dokumentasi IDN Times)

Saat ditanyakan siapa saja nama-nama bakal calon yang digodok, Legislator DPRD Sulsel ini menyebutkan beberapa di antaranya. Antara lain Zulkifli Hasan (Ketum PAN), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) hingga mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Ditanya soal peluang tokoh Sulsel seperti Syahrul Yasin Limpo yang kini menjabat Menteri Pertanian untuk masuk daftar, Irfan mengatakan itu tergantung dinamika serta situasi Rakerda nantinya.

"Kita masih tunggu usulan dari teman-teman daerah saat Rakerda. Pastinya, usulan dari Rakerda akan dibawa ke Rakorwil itu minimal 10 nama. Dan dari Rakorwil ke Rakernas akan dibawa minimal delapan nama," kata Irfan.

3. Ini kriteria kandidat usulan kader PAN

PAN Sulsel Godok Kandidat Capres di RakerdaKetua Umum PAN Zulkifli Hasan saat pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN se-Sulsel periode 2020-2025 di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Ditanyakan apa kriteria yang masuk dalam usulan nama bakal calon tersebut, irfan mengatakan, kandidat mesti memiliki track record atau latar belakang secara baik dalam pemerintahan maupun sebagai sosok pemimpin yang mumpuni.

"Mesti memiliki prestasi, integritas dan berlatar belakang nasionalis religius, termasuk memiliki jejaring yang kuat bukan hanya tingkat lokan tapi juga nasional," ucapnya.

Baca Juga: Bawa 800 Kader ke Jakarta, NasDem Sulsel Rahasiakan Usulan Capres

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya