Operasi Zebra, Pelanggar di Makassar Mulai Disanksi Tilang

Sepuluh hari Operasi Zebra mengedepankan peneguran tertulis

Makassar, IDN Times - Polrestabes Makassar mulai memberlakuan sanksi tilang bagi pengendara pelanggar aturan lalu lintas pada Operasi Zebra Pallawa 2022. Sanksi itu diberlakukan sejak Kamis (13/10/2022), pada hari-hari terakhir operasi.

Operasi Zebra digelar serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari. Operasi dimulai 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda mengatakan, sepuluh hari pertama Operasi Zebra mengedepankan peneguran tertulis bagi pelanggar. Kini, penegakan hukum diberlakukan.

“Sesuai dengan rencana awal, empat hari terakhir Operasi Zebra Pallawa 2021 akan menguatkan pada sisi penindakan gakkum (penegakan hukum) dengan tilang terhadap pelanggaran tersebut,” kata Zulanda, dalam keterangan yang dikutip, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Hari Kedua Operasi Zebra 2022 Makassar, Pelanggar Diminta Buat Video

1. Ada dua fokus penindakan

Operasi Zebra, Pelanggar di Makassar Mulai Disanksi TilangKepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda saat diwawancarai. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Zulanda menyebut ada tujuh target prioritas penindakan pada Operasi Zebra 2022. Tiga di antaranya jadi target utama, yakni pengendara tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman, kendaraan melawan arus, dan menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Empat target sasaran lain, masing-masing, berboncengan motor lebih dari satu orang, berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara di bawah umur, dan berkendara melebihi kecepatan maksimal.

Pada empat hari terakhir, penindakan penilangan difokuskan pada jenis pelanggaran tertentu. “Ada dua pelanggaran yang akan dilakukan penindakan tegas empat hari terakhir ini dengan penilangan, yaitu melawan arus dan penggunaan helm utamanya di malam hari,” ucap Zulanda.

2. Angka kecelakaan disebut menurun

Operasi Zebra, Pelanggar di Makassar Mulai Disanksi TilangIlustrasi Operasi Zebra 2022. (IDN Times/Imam Faishal)

AKBP Zulanda mengatakan, selama pelaksanaan Operasi Zebra, tingkat kepatuhan pengendara terhadap lalu lintas cenderung meningkat. Hal itu berpengaruh terhadap menurunnya jumlah kecelakaan.

“Laka Lantas menurun drastis di mana hanya terjadi 14 laka yg melibatkan korban hanya luka ringan sesuai dengan laporan kejadian yg dilaporkan atau yang ditemukan oleh kepolisian,” ucapnya.

3. Ini kawasan fokus Operasi Zebra di Makassar

Operasi Zebra, Pelanggar di Makassar Mulai Disanksi TilangKepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda saat menahan salah satu pengendara yang menelpon saat berkendara, Selasa (4/10/2022). (Dok.Satlantas Makassar)

AKBP Zulanda mengimbau para pengendara tetap tertib berlalu lintas. Pengguna jalan diingatkan tidak melawan arus, baik jauh maupun dekat. Bagi pengendara motor, wajib menggunakan helm, meski di malam hari.

Adapun lokasi penerapan tilang empat hari terakhir operasi zebra bakal berfokus di seputar Promtek dan Kawasan Tallasa.

Baca Juga: Zebra Cross: Sejarah, Fungsi, dan Aturan Pemasanganya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya