Minat Daftar Kelas Internasional Unhas? Mulai Rp15 juta per Semester

Pendaftaran mulai dibuka 29 April 2019

Makassar, IDN Times - Universitas Hasanuddin (Unhas) segera membuka pendaftaran program kelas internasional dalam rangkaian menyambut penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Program ini merupakan salah satu mandat Unhas sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum yang dituntut membangun reputasi internasional.

Kelas internasional menawarkan sejumlah keuntungan lebih bagi mahasiswa, antara lain memberikan atmosfer dan eksposur pendidikan internasional. Bahasa Inggris jadi pengantar dalam kelas, sedangkan dosen pengajarnya, selain dari Unhas, juga didatangkan dari mitra di luar negeri.

“Saat ini Unhas telah memiliki program-program studi yang terakreditasi internasional, sehingga memiliki kualitas dan kapasitas untuk membuka kelas internasional,” kata Wakil Rektor Unhas Bidang Inovasi, Kemitraan, dan Kerja Sama Prof Nasrum Massi, pada Expo Kelas Internasional di kampur Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu (24/4).

Tertarik dengan program kelas internasional Unhas? Beberapa informasi berikut harus kamu simak.

Baca Juga: Rektor Unhas: Generasi Millennial Rawan Krisis Ideologi

1. Kelas dibuka untuk 11 program studi

Minat Daftar Kelas Internasional Unhas? Mulai Rp15 juta per SemesterIDN Times/Abdurrahman

Direktur Pendidikan Unhas Ida Leida Maria menyebutkan, kelas internasional Unhas pada tahun 2019 akan dibuka untuk 11 program studi. Program ini dibuka untuk lulusan SMA/sederajat dua tahun terakhir, yang akan mengikuti tes kapasitas dan kapabilitas dalam bidang akademik oleh Unhas.

Program sudi yang ditawarkan, antara lain Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Hubungan Internasional, Teknik Geologi. Lalu Ilmu Kelautan, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Hukum, dan Arsitektur.

Jumlah calon mahasiswa yang akan di terima maksimal 20 orang per program studi. Mahasiswa program kelas internasional tidak diperkenankan pindah ke program kelas reguler.

“Beberapa program studi telah membuka kelas internasional sejak beberapa tahun lalu, seperti Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, dan Hubungan Internasional, dan Fakultas Teknik,” ujar Ida.

Baca Juga: Rektor Unhas: Generasi Millennial Jangan Jadi Beban Demografi

2. Pendaftaran dibuka via daring

Minat Daftar Kelas Internasional Unhas? Mulai Rp15 juta per Semesterpixabay.com/E1N7E

Menurut laman resmi Unhas, pendaftaran program kelas internasional bisa ditempuh dengan mengisi formulir via dalam jaringan (online). Pada tahap awal bisa mengakses laman http://mandiri.unhas.ac.id/kelasinter untuk membuat akun.

Untuk membuat akun, diperlukan data awal berupa nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, dan NIK. User dan password akan dikirim via email. Setelah masuk ke sistem, isi biodata lengkap berupa data pribadi, data orang tua, dan data pendidikan.

Pada formulir daring, pilih 1 program studi yang ingin didaftar dan cetak slip pembayaran. Setelah membayar biaya registrasi, cetak kartu bukti pendaftaran. Pendaftaran dianggap selesai setelah kartu ini dicetak dan memiliki nomor unik pendaftaran jalur mandiri kelas internasional.

3. Catat tanggal penting tahapan pendaftarannya

Minat Daftar Kelas Internasional Unhas? Mulai Rp15 juta per SemesterIDN Times / Humas Unhas

Pendaftaran via daring dan pembayaran registrasi terbuka antara 29 April hingga 14 Mei 2019. Lalu dilanjutkan dengan tes TOEFL, TPA, dan wawancara pada 16-18 Mei 2019.

Pengumuman kelulusan bisa dicek tanggal 27 Mei 2019. Selanjutnya peserta mengikuti registrasi ulang dan pembayaran Admission Fee serrta Biaya Pendidikan Semester Awal 2018/2019 pada 13-18 Juni 2019.

Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru bagi peserta terpilih digelar 19 Agustus 2019. Sedangkan kuliah perdana diagendakan 19 Agustus 2019.

4. Biaya per Semester mulai Rp15 juta

Minat Daftar Kelas Internasional Unhas? Mulai Rp15 juta per Semesterlife.idntimes.com

Untuk kelas internasional Unhas, terdapat sejumlah biaya yang mesti dipenuhi peserta sejak tahap pendaftaran hingga menjadi mahasiswa. Biaya berbeda antara program studi sains dan teknologi dengan program studi sosial dan hukum.

Untuk Saintek, biaya registrasi Rp1 juta. Biaya pendidikan per semester Rp16 juta, dan biaya masuk (Admission Fee) Rp35 juta.

Pada Soshum, biaya registrasi Rp1 juta. Biaya pendidikan per semester Rp15 juta. Lalu biaya masuk Rp30 juta. Biaya tidak termasuk program studi kedokteran.

Selain itu, terdapat biaya kunjungan atau study abroad selama mahasiswa studi. Jumlahnya tergantung universitas mitra Unhas di luar negeri.

Untuk informasi lebih lengkap, baca ketentuan umum tentang kelas internasional Unhas pada laman resminya. Alamatnya bisa dibuka di sini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya