Menlu Retno Marsudi Ajari Mahasiswa Makassar Jadi Diplomat

Isu Palestina serta sandera Abu Sayyaf turut dibahas

Makassar, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berbicara di hadapan mahasiswa dalam kuliah umum di Universitas Hasanudin, Makassar, Sabtu (23/2). Agenda itu merupakan rangkaian dari kegiatan Diplomacy Festival (Diplofest) yang digelar selama dua hari di Makassar, sejak Jumat (22/2).

Retno menjelaskan seputar pelaksanaan politik luar negeri Indonesia. Dia juga terlibat diskusi dengan para mahasiswa, terkait berbagai capaian dan informasi tentang diplomat Indonesia di panggung internasional.

“Intinya kita mendekatkan jarak antara diplomasi Indonesia dengan masyarakat, berbagi ilmu. Tentunya juga mendapatkan masukan balik tentang apa yang dapat diperbaiki,” kata Retno.

Diplofest di Makassar digelar dengan berbagai kegiatan seputar diplomasi. Pada hari pertama, lima pejabat eselon satu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membawakan kuliah umum secara serentak di perguruan tinggi berbeda. Di hari puncak, beragam kegiatan disiapkan agar mahasiswa bisa menyelami dunia diplomasi.

Baca Juga: Festival Diplomasi 2019 Berlangsung di Makassar

1. Mahasiswa merasakan pengalaman ikut sidang PBB

Menlu Retno Marsudi Ajari Mahasiswa Makassar Jadi DiplomatIDN Times / Istimewa

Makassar merupakan kota kelima tuan rumah Diplofest. Sebelumnya ajang yang sama digelar di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Padang. Menlu Retno menjelaskan, festival ini digelar karena selama ini dunia diplomasi cenderung masih asing. Masyarakat kebanyakan tidak paham dengan apa yang dilakukan diplomat Indonesia untuk memperjuangkan bangsa.  

Dalam Diplofest, mahasiswa diajak terjun langsung merasakan pengalaman menjadi diplomat. Di antaranya melalui simulasi sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi dengan wakil negara lain dalam simulasi sidang bilateral, atau berlatih berbicara di depan publik. Kemlu juga berbagi ilmu keprotokolan, sehingga mahasiswa bisa mempersiapkan diri dalam menerima tamu penting.

“Dengan harapan, masyarakat atau mahasiswa bisa mendapakan pemahaman dari para pelaku diplomasi, dan dapat ditularkan ke luar,” ujar Retno.

2. Isu Israel-Palestina jadi salah satu bahan diskusi

Menlu Retno Marsudi Ajari Mahasiswa Makassar Jadi DiplomatIDN Times / Istimewa

Dalam kuliah umum di berbagai kampus, para petinggi Kementerian Luar Negeri menyampaikan beragam persoalan diplomasi internal. Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya, menegaskan posisi Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina, baik melalui dukungan politik, ekonomi, dan penguatan kapasitas.

Desra juga menekankan bahwa Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel, selama Palestina belum merdeka. Dia menyebut istilah solusi dua negara, artinya dua negara merdeka, berdaulat, dan setara.

“Sampai itu terwujud, Indonesia tidak bergeming,” katanya. 

3. Menlu berupaya bebaskan WNI yang disandera Abu Sayyaf

Menlu Retno Marsudi Ajari Mahasiswa Makassar Jadi DiplomatEPA via bbc.com

Pada konferensi pers, Sabtu (23/2), Menlu Retno Marsudi sempat menjelaskan upaya Pemerintah membebaskan warga negara Indonesia yang disandera kelompok perompak Abu Sayyaf. Kejadian ini menimpa WNI yang bekerja di kapal berbendera Malaysia, di perairan Filipina, 5 Desember 2018 lalu.

Menlu mengatakan, sejak menerima informasi penyanderaan, Kemlu terus membangun komunikasi dengan berbagai otoritas di Filipina, serta menghimpun informasi lapangan melalui komunitas intelijen. Selain itu pihaknya juga telah menghubungi keluarga korban serta pemilik kapal.

“Upaya pembebasan bukan hal mudah, akan tetapi pemerintah akan terus berusaha. Perlindungan warga negara Indoensia adalah salah satu prioritas bagi pemerintah Indonesia,” Retno menerangkan. 

Baca Juga: 1.500 Lahan Tanah Bekas Asing di Makassar Belum Diganti Rugi  

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya