Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kapal Diprediksi Melonjak 

Pelindo siapkan peningkatan pelayanan

Makassar, IDN Times - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV bersiap menyambut masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pada masa tersebut, diperkirakan lonjakan volume penumpang pada berbagai pelabuhan di Indonesia kawasan timur.

Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang mengatakan, lonjakan penumpang diperkirakan seperti pada umumnya musim libur. Pada masa mudik natal dan tahun baru sebelumnya, lima dari 21 pelabuhan yang dikelola Pelindo IV mengalami peningkatan jumlah penumpang.

"Lima pelabuhan yang mengalami peningkatan jumlah penumpang, yaitu Pelabuhan Manado, Makassar, Kendari, Ambon, dan Pelabuhan Sorong," kata Farid dalam rilis yang diterima Senin (2/12).

1. Volume penumpang di Pelabuhan Makassar paling besar

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kapal Diprediksi Melonjak IDN Times / Aan Pranata

Merujuk data pada tahun lalu, volume penumpang di Pelabuhan Makassar jadi yang tertinggi di Indonesia timur selama masa mudik natal dan tahun baru. Saat itu volume penumpang yang berangkat atau embarkasi berjumlah 35.411 orang, sedangkan yang turun atau debarkasi 33.501 orang.

Di saat yang sama, 45.194 orang embarkasi di Pelabuhan Manado, dan 19.523 orang debarkasi. Di Kendari, embarkasi mencapai 33.957 orang dan debarkasi sebanyak 28.654 orang. Di Pelabuhan Ambon, penumpang embarkasi sebanyak 30.596 orang dan debarkasi sebanyak 21.294 orang. Sementara itu, penumpang embarkasi dari Pelabuhan Sorong mencapai 30.493 orang dan penumpang debarkasi sebanyak 25.245 orang.

2. Pelindo siapkan peningkatan pelayanan selama masa mudik

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kapal Diprediksi Melonjak Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang, kanan (IDN Times/Aan Pranata)

Farid menyatakan, Pelindo IV mengantisipasi arus mudik di momen natal dan tahun baru kali ini dengan menyiapkan beberapa peningkatan pelayanan. Salah satunya menerapkan e-ticketing bekerja sama dengan PT Pelni di beberapa pelabuhan.

Pelindo bakal menyediakan Posko Bersama sebagai pusat informasi bagi penumpang yang turun-naik di pelabuhan. Lalu ada penataan zonasi kegiatan penumpang dan bongkar muat barang. Ada juga penyediaan sarana dan fasilitas, seperti penambahan tenda atau kanopi, kipas angin di luar terminal penumpang, penyediaan ruang kesehatan dan tenaga medis, serta penyediaan lokasi khusus penumpang menunggu pergantian kapal.

"Ada juga penataan lapangan parkir kendaraan, pengaturan kendaraan dalam pelabuhan dengan sistem e-pass, rambu-rambu petunjuk embarkasi dan debarkasi, peningkatan bandwith serta penyediaan wi-fi,” ucap Farid.

Baca Juga: Pelindo IV Mulai Siaga Arus Mudik di 21 Pelabuhan Kawasan Timur

3. Peserta program mudik ditargetkan 2.500 orang

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kapal Diprediksi Melonjak IDN Times/Aan Pranata

Pada masa Natal dan Tahun Baru, Pelindo IV kembali menggelar program mudik masyarakat. Ditargetkan, program ini diikuti 2.500 orang dengan moda transportasi yang terdiri dari 5 unit bus dan 10 unit kapal cepat.

Farid menjelaskan, peserta program mudik adalah penumpang kapal laut dan masyarakat di sekitar pelabuhan. Ada enam pelabuhan yang diestimasi menyumbang peserta terbanyak, yakni Pelabuhan Makassar, Ambon, Bitung, Sorong, Parepare, dan Kendari.

Untuk Pelabuhan Makassar, peserta program mudik ditaksir sebanyak 600 orang. " Dengan tujuan Parepare 200 orang dan Palopo, Toraja 400 orang,” katanya.

Baca Juga: Pelabuhan Makassar Terpadat Selama Masa Mudik Lebaran    

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya