Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di Pemilu

Penting tahu rekam jejak calon sebelum pemungutan suar

Makassar, IDN Times - Menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum 17 April 2019, sejumlah lembaga survei menggambarkan cukup tingginya pemilih yang belum menentukan pilihan atau undicided voters. Celebes Research Center (CRC) menyebutkan jumlah undicided voters di Sulawesi Selatan di atas sepuluh persen, pada survei yang digelar di akhir Maret.

Direktur CRC Herman Heizer mengungkapkan tingginya undicided voters tidak berarti pemilih belum menetapkan sikap. Sebagian sudah punya pilihan, tapi merahasiakannya sehingga tidak terdeteksi lewat survei. Ada juga yang ingin menunggu sampai minggu tenang, untuk melihat pergerakan kampanye kandidat beserta tim sukses.

“Sebagian pemilih masih menunggu petunjuk organisasi di mana mereka aktif dan berhimpun,” ujar Herman di Makassar, Kamis (11/4) lalu.

Jika tergolong pemilih yang belum menetapkan sikap, bisa jadi itu karena kamu belum mengenali siapa calon pilihanmu. Supaya yakin, kamu sebaiknya mengetahui rekam jejak dan profil para calon, terutama di pemilihan anggota legislatif.

Jelang Pemilu 2019, ada banyak layanan yang menyediakan informasi seputar calon dan peserta. Saluran informasi ini bisa diakses secara bebas oleh masyarakat. Ada baiknya kamu menelusuri kandidat di daerah pemilihanmu, supaya tidak salah pilih.

Berikut enam penyedia informasi tentang calon anggota legislatif di Pemilu 2019. Semua bisa diakses baik melalui komputer maupun gawai.

1. Infopemilu.kpu.go.id

Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di Pemiluinfopemilu.kpu.go.id

Laman ini disediakan oleh KPU. Di dalamnya tersedia basis data lengkap seputar Pemilu 2019. Kamu bisa mengecek profil dan daftar riwayat hidup para caleg berdasarkan daerah pemilihan tempatmu berdomisili.

Selain mengecek berdasarkan daerah pemilihan, juga tersedia daftar caleg berdasarkan partai politik pengusung. Masing-masing nama calon dilengkapi alamat, motivasi, hingga dokumen yang disertakan dalam pencalonan.

Baca Juga: Heboh Petisi Desak Pemilu Ulang di Sydney, Ini Kata KPU

2. JariUngu.com

Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di PemiluIDN Times/Arifin Al Alamudi

Situs ini disediakan kolektif masyarakat yang berhimpun dalam PT Dua Radja Net (DRN). Mereka bukan politisi, pengamat, maupun anggota atau simpatisan partai politik.

JariUngu.com menyediakan basis data profil caleg se-Indonesia. Terdiri dari 240 ribu lebih caleg periode 2019-2023 dan 19 ribu lebih anggota parlemen periode 2014-2019, baik di tingkat DPR RI, DPD, serta DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota.

Telusuri profil caleg berdasarkan nama atau daerah pemilihannya. Dari situ akan kelihatan siapa yang transparan tentang riwayat hidupnya. Juga informasi lain, apakah mantan napi tindak pidana korupsi atau tidak, partai pendukungnya, serta pengalamannya sebelum mencalonkan diri.

3. Pintarmemilih.id

Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di Pemilupintarmemilih.id

Portal ini menyediakan data dan informasi Pemilu 2019 terutama data daerah pemilihan, profil partai, profil calon presiden, profil calon anggota DPR RI, profil calon anggota DPD RI. Lalu ada profil calon anggota DPRD Provinsi, profil calon anggota DPRD Kabupaten/Kota, jadwal dan tahapan Pemilu 2019.

Pintarmemilih.id hadir dengan tujuan menjadikan pemilih siap menghadapi Pemilu 2019 dengan bekal informasi memadai. Pintarmemilih.id dikelola Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) atas dukungan Google Indonesia.

4. Calegpedia.id

Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di Pemilucalegpedia.id

Dibuat oleh PARA Syndicate, Calegpedia.id merupakan aplikasi digital untuk kebutuhan publikasi dan kampanye Pemilu 2019. Bentuknya berupa simulasi surat suara di daerah pemilihan.

Aplikasi ini bisa dibuka melalui basis komputer desktop maupun aplikasi di Android dan iOS. Aplikasi mengantarkan pengguna mendapatkan pengalaman mengenali pilihan caleg berdasarkan TPS yang dipilih. Akan muncul contoh lima jenis surat suara yang berisikan nama-nama kandidat. Nama yang diblok berwarna oranye merupakan mantan terpidana korupsi menurut rilis KPU RI.

5. Rekamjejak.net

Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di Pemilurekamjejak.net

Berupa sebuah platform digital berupa situs dan aplikasi yang dikembangkan Indonesia Corrupction Watch (ICW) dengan dukungan Tifa Foundation. Platform ini menyajikan informasi seputar rekam jejak pejabat publik dan calon pejabat publik.

Di 2019, Rekam Jejak fokus menginformasikan rekam jejak Anggota DPR RI 2014-2019, khususnya seputar topik korupsi. Pada pemilu 2019 yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada 17 April 2019, lebih dari 90% anggota DPR RI ini kembali maju sebagai caleg 2019-2014.

Rekam Jejak juga dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan informasi bagi publik untuk mengevaluasi dan menilai apakah wakil mereka di Senayan ini layak dipilih kembali atau tidak.

6. WikiDPR.org

Kenali Calon Pilihanmu, 6 Situs Ini Sajikan Profil Caleg di PemiluANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

WikiDPR adalah sebuah organisasi non-profit bidang media dan komunikasi. Cakupan kerja WikiDPR meliputi reportase, advokasi, dan inventarisasi data. Dibentuk di Jakarta pada 2014, WikiDPR merupakan bentuk inisiatif warga yang merespons praktik kerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) agar lebih transparan.

Dalam mewujudkan misinya, WikiDPR hadir dalam setiap rapat untuk meliput, merekam, dan menyebarkan kembali. WikiDPR melibatkan publik untuk turut serta berpartisipasi lewat gerakan relawan. Dari keterlibatan tersebut, WikiDPR mengkurasi dan mengemas kembali rekam jejak setiap anggota dewan serta kontribusinya dalam ruang-ruang sidang.

Tujuan WikiDPR jelas: agar warga dapat mencermati serta teredukasi atas kinerja wakil rakyatnya.

Baca Juga: Wiranto: Pemilu Harus Aman, Lancar dan Sukses

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya