Jusuf Kalla Mengecam Pembakaran Mimbar Masjid Raya Makassar

Masyarakat diharapkan tidak terprovokasi atas peristiwa itu

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla angkat bicara soal peristiwa pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, Sabtu (25/9/2021). Polisi tengah mengejar pelaku pembakaran.

"Mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi," kata Jusuf Kalla dalam keterangan persnya yang diterima Sabtu.

Baca Juga: Polisi Ketahui Wajah Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar

1. Masyarakat tetap tenang menunggu polisi bekerja

Jusuf Kalla Mengecam Pembakaran Mimbar Masjid Raya MakassarKondisi mimbar Masjid Raya Makassar yang dibakar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Jusuf Kalla berharap warga Makassar maupun daerah lain tidak terprovokasi tindakan pembakaran mimbar masjid. Semua pihak tinggal menunggu polisi bekerja menyelidiki kejadian itu.

"Kita serahkan semuanya kepada kepolisian untuk mengungkap pelaku dan apa motif di balik tindakannya tersebut” ujar JK dari kediaman pribadinya di Jakarta.

“Saya yakin dan percaya, aparat kepolisian segera menangkap pelaku serta mengungkap motifnya,” dia menambahkan.

2. Pengurus masjid perlu meningkatkan kewaspadaan

Jusuf Kalla Mengecam Pembakaran Mimbar Masjid Raya MakassarIlustrasi masjid. IDN Times/Rangga Erfizal

Jusuf Kalla berpesan kepada jajaran pengurus masjid di seluruh Indonesia agar meningkatkan kewaspadaan. Sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi” pesan JK.

3. JK singgung kasus kekerasan terhadap tokoh agama

Jusuf Kalla Mengecam Pembakaran Mimbar Masjid Raya MakassarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jusuf Kalla sekaligus menyampaikan keprihatinannya atas sejumlah kasus kekerasan yang menimpa ulama atau tokoh agama belakangan ini. Dia berharap kejadian serupa tidak terulang.

“Semoga aparat kepolisian bersama sama masyarakat dapat mencegah terjadinya kasus kasus seperti di masa yang akan datang,” kata JK.

Baca Juga: Orang Misterius Bakar Mimbar Masjid Raya Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya