Jokowi-JK Berkunjung ke Sulsel, Ini Agendanya

Mereka datang tidak bersamaan

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla diagendakan berkunjung ke Sulawesi Selatan pada akhir pekan ini. Keduanya berkunjung dalam tugas kenegaraan maupun agenda pribadi.

Presiden, dijadwalkan tiba dengan pesawat kepresidenan di Makassar pada Jumat (21/12) malam nanti. Sedangkan Wapres menyusul Sabtu (22/12) pagi besok. Keduanya berada di Sulsel hingga Minggu (23/12).

“Agendanya banyak. Di Makassar saja, acaranya ada enam,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

1. Presiden hadiri natal hingga lantik tim kampanye

Jokowi-JK Berkunjung ke Sulsel, Ini AgendanyaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut informasi yang dihimpun, Joko Widodo akan menghadiri sejumlah agenda pribadi di kota Makassar, sepanjang Sabtu besok. Salah satu di antaranya pelantikan Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Sulsel di Hotel Claro.

Pada hari yang sama, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri Silaturahmi Akbar Rakyat Makassar bersama Jokowi di gedung Celebes Convention Center. Acara ini digelar secara pribadi oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto, yang mengundang tokoh dari berbagai kalangan masyarakat.

Nurdin Abdullah mengatakan, Jokowi akan terbang dari Makassar menuju Palopo pada Sabtu pagi. Dari sana kemudian menempuh perjalanan darat menuju Tana Toraja. Pada hari yang sama dia melanjutkan kunjungannya ke Sulawesi Tengah.

“Kunjungan bapak presiden ke Toraja dalam rangka menghadiri perayaan natal bersama,” ujar Nurdin.

Baca Juga: TKN Evaluasi Kampanye Jokowi-Ma’ruf di Rumah Jusuf Kalla

2. JK resmikan kampus dan silaturahmi

Jokowi-JK Berkunjung ke Sulsel, Ini AgendanyaANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari

Wapres Jusuf Kalla rencananya hadir meresmikan penggunaan sarana di kampus Universitas Islam Makassar (UIM) pada Sabtu (22/12). Sarana antara lain gedung rektorat, perpustakaan, ruang serba guna, fasilitas olahraga, dan lainnya. Turut diresmikan laboratorium Fakultas Teknik UM, yang merupakan hasil bantuan kemasyarakatan Wakil Presiden.  

“Insya Allah beliau (JK) siap hadir. Kami sudah audiensi di Istana Wakil Presiden beberapa hari lalu,” kata Rektor UIM Majdah Agus Arifin Nu’mang melalui siaran pers.

Selain agenda itu, JK juga menggelar silaturahmi bersama masyarakat Sulsel pada Sabtu sore. Acara digelar di Hotel The Rinra Makassar, dan rencananya akan turut dihadiri Joko Widodo.

3. 2200 personel keamanan kawan kunjungan di Sulsel

Jokowi-JK Berkunjung ke Sulsel, Ini AgendanyaIDN Times / Aan Pranata

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen Surawahadi menyebut sekitar 2200 personel gabungan TNI dan Polri akan mengawal kunjungan Presiden dan Wapres selama berada di Sulsel. Personel ditempatkan pada titik-titik kunjunga, di Makassar, Palopo, dan Toraja.

“Kita nyatakan TNI dan Polri sudah siap melaksanakan tugas pengamanan, baik RI 1 dan RI 2 dan keluarga,” kata Pangdam.

Baca Juga: Erick Thohir Optimis JK Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Timur Indonesia

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya