Jalan Poros Maros-Pangkep Batal Ditutup Malam Ini

Rencana pergeseran jembatan kereta dipindahkan ke 31 Agustus

Makassar, IDN Times - Jalur Trans Sulawesi di jalan poros Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan, sedianya ditutup penuh lima jam pada malam ini, Rabu (24/8/2022), karena ada pengerjaan jembatan rel kereta. Namun rencana pengerjaan itu ditunda, demikian halnya penutupan jalan.

Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Perkeretaapian Maros-Pangkep Ari Wibowo mengatakan, pengerjaan berupa pergeseran jembatan rangka baja ditunda karena persoalan teknis.

"Bahwa dari hasil pemeriksaan akhir dan uji coba ditemukan adanya kerusakan pada alat pendorong hidrolis sehingga diperlukan perbaikan," kata Ari dalam keterangan persnya, Rabu.

1. Penutupan jalan dipindahkan ke 31 Agustus 2022

Jalan Poros Maros-Pangkep Batal Ditutup Malam IniDepo Kereta Api Kabupaten Maros. (IDN Times/Aan Pranata)

Malam ini sedianya jalan poros Maros-Pangkep ditutup di wilayah Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros. Penutupan direncanakan pada Rabu malam pukul 23.00 Wita hingga Kamis (25/8/2022) pukul 4.00 Wita.

Karena ada kerusakan alat, rencana pergeseran jembatan kereta dipindahkan ke 31 Agustus 2022 pukul 23.00 Wita sampai 1 September 2022 pukul 4.00 Wita. Masyarakat diimbau mengurungkan rencana bepergian melintasi jalan poros Maros-Pangkep pada tanggal dan waktu tersebut.

2. Ada rencana pergeseran jembatan rangka baja

Jalan Poros Maros-Pangkep Batal Ditutup Malam IniGambar jembatan rel kereta rangka baja yang akan digeser di jalan poros Maros-Pangkep. (IDN Times/Aan Pranata)

Sebelumnya Ari Wibowo menerangkan, jalan poros harus ditutup karena ada penggeseran jembatan kerangka baja untuk rel kereta. Jembatan sepanjang 60 meter itu akan ditempatkan melintang tepat di atas jalan Trans Sulawesi.

Ari menerangkan, rangka jembatan akan didorong dengan tenaga hidrolik. Jembatan digeser secara bertahap, dengan pergerakan sekitar 90 centimeter per gerakan hidrolik. Total dibutuhkan waktu empat hingga lima jam untuk memindahkan rangka jembatan di posisi direncanakan.

"Tim Satgas sepakat kita sudah akan menutup total (jalan) untuk kendaraan besar. Untuk kendaraan kecil bisa dialihkan lewat jalan akses yang disiapkan," kata Ari.

3. Disiapkan jalur alternatif untuk kendaraan kecil

Saat penggeseran jembatan rel kereta, jalan poros di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Maros, akan ditutup total. Untuk yang ingin melintas, petugas menyiapkan jalur alternatif. Namun jalan ini hanya untuk motor dan kendaraan roda empat non-angkutan barang. 

Jika berkendara dari arah Pangkep ke Maros, jalan alternatif bisa ditempuh dengan belok kiri sebelum SPBU Tambua. Arahkan kendaraan ke arah Desa Bontorea dengan jalan sepanjang 3 kilometer. Jalan akan mengarah keluar ke jalan poros di dekat Polsek Lau.

Kendaraan barang yang terlanjur berada di lokasi saat penutupan jalan, diharapkan bersabar menunggu dan menempati kantong parkir yang disediakan. Sedangkan kendaraan dengan urusan daruat seperti ambulans bisa menempuh jalur escape road yang disiapkan di sekitar area pergeseran jembatan.

"Ditekankan kepada angkutan barang, supaya menunda dulu, supaya perjalanannya tidak terganggu atau tidak terjadi kemacetan panjang," kata Ari.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya