Jalan Antang Raya Makassar Mulai Dibangun Ulang

Jalan aspal yang rusak digantikan dengan beton

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai mengerjakan rekonstruksi atau pembangunan ruas Jalan Antang Raya di Kota Makassar. Selama ini jalan itu dikeluhkan karena berlubang dan rusak parah.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pengerjaan ruas jalan Antang Raya jadi prioritasnya tahun ini, mengingat kondisi jalan rusak berat dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi. Pengerjaannya saat ini pada tahap pembongkaran saluran drainase.

"Alhamdulillah saat ini ruas jalan Antang Raya di Kota Makassar telah selesai tahapan Mutual check awal atau biasa yang disebut MC-0," kata Gubernur Andi Sudirman, di Makassar, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Bakal Dibeton

1. Jalan rusak dibangun ulang dengan bahan beton

Jalan Antang Raya Makassar Mulai Dibangun UlangPembongkaran saluran drainase dalam rangka rekonstruksi ruas Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Makassar. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Rencananya, tahun ini akan ditangani jalan yang rusak berat dengan perkerasan jalan beton (rigid). Pengerjannya mulai dari perempatan Pannara (Jalan Borong Raya) hingga pertigaan jalan Tamangapa Raya.

"Selain rekonstruksi jalan, untuk ruas ini akan dilakukan perbaikan sistem drainase di sekitar jalan Antang Raya. Saat ini progres tahapan pembongkaran saluran eksisting," katan Gubernur.

"Kita berharap dengan dukungan masyarakat bisa dimudahkan dan memperlancar kegiatan, sehingga bisa segera dinikmati oleh masyarakat," dia menambahkan.

2. Jalan beton dianggap lebih tahan

Jalan Antang Raya Makassar Mulai Dibangun UlangPengukuran ruas jalan rusak di Jalan Antang Raya Makassar, Selasa (31/5/2022). Humas Pemprov Sulsel

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana memperbaiki jalan rusak dan berlubang di Jalan Antang Raya, Makassar. Rekonstruksi jalan berupa betonisasi.

Perbaikan jalan melalui teknik beton dinilai akan lebih tahan lama dan menyerap air. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUTR) Sulsel, Astina Abbas, mengatakan jalan rusak Antang akan dibeton karena kondisinya yang selalu tergenang.

"Kita beton jalannya, kita perbaiki dulu elevasi drainasenya kiri kanan," kata Astina melalui telepon, Rabu (1/6/2022).

Dinas PUTR juga akan memperbaiki sistem drainase di sana. Buruknya sistem drainase juga turut berpengaruh saat jalan rusak tersebut ditimbun.

"Kondisinya selalu tergenang karena drainasenya tidak berfungsi. Sebelah kiri kanan kan tertutup. Akhirnya airnya ke jalanan apalagi kalau musim hujan. Ini jalanan susah dibersihkan juga sedimen-sedimennya," kata Astina.

3. Anggaran rekonstruksi Rp7 miliar

Jalan Antang Raya Makassar Mulai Dibangun UlangKondisi ruas jalan rusak parah dan berkubang di Jalan Antang Raya Makassar, Senin (30/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Ruas Jalan Antang dilelang dengan alokasi pagu senilai Rp7 miliar. Rencananya, pemenang lelang akan menangani jalan yang rusak berat dengan pengerasan betonisasi atau rigid mulai dari perempatan Pannara di Jalan Borong Raya hingga Jalan Tamangapa Raya.

Selain rekonstruksi jalan, sistem drainase ruas Jalan Antang juga akan diperbaiki.

Baca Juga: Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu Perbaikan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya