Comscore Tracker

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H Makassar, Mulai 3 April

Simak jadwal imsakiyah dari 1 hingga 29 Ramadan 1443 di sini

Makassar, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa awal atau 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan ketetapan itu sesuai hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H, Jumat malam (1/4/2022).

Ketetapan pemerintah berbeda dengan Muhammadiyah, yang lebih dulu menetapkan bahwa 1 Ramadan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Sidang Isbat yang digelar Kemenag mempertimbangkan laporan bahwa hisab, posisi hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, tepatnya ketinggian hilal pada posisi 1 derajat 6,78 menit sampai 2 derajat 10 menit. Namun, berdasarkan laporan rukyat, tidak ada seorang pun yang menyampaikan telah melihat hilal. Tim Kemenag melakukan rukyatul hilal pada 101 titik pada 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi," kata Menag Yaqut di laman Kemenag, Jumat.

Baca Juga: 2500 Polisi Jaga Makassar selama Ramadan

1. Ketinggian hilal di bawah kriteria baru MABIMS

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H Makassar, Mulai 3 AprilPemantauan hilal di rooftop Mal GTC Tanjung Bunga Makassar, Senin (12/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Kantor Wilayah Kemenag Sulsel turut memantau hilal dari atap gedung Mall GTC Makassar, Jumat petang. Pemantauan digelar bersama sejumlah lembaga, perguruan tinggi, dan ormas terkait.

Ketua Badan Hisab Rukyat (BHR) Sulawesi Selatan menyampaikan, menurut hasil pemantauan, Matahari terbenam di Makassar pada Jumat petang dengan ketinggian hilal 1° 46" (di atas ufuk) dan Lama Hilal 7 Menit.

Menurut kriteria baru Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), secara astronomis, hilal dapat teramati jika bulan memiliki ketinggian minimal 3 derajat dan elongasinya minimal 6,4 derajat. Sehingga ditetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan 1443 jatuh pada 3 April 2022.

2. Umat Islam diminta bijak menanggapi perbedaan

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H Makassar, Mulai 3 AprilSuasana Masjid Raya Makassar saat bulan Ramadan, Jumat (23/4/2021). IDN Times/Sahrul Ramadan

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Tonang menanggapi perbedaan penetapan awal Ramadan 1443 H. Dia berharap umat Islam, terutama di Sulsel, bijak dalam menyikapi perbedaan tersebut.

“Karena yang paling utama adalah bagaimana kita semua bisa selaku umat Islam bisa mengisi dan memanfaatkan sebaik baiknya bulan suci ini dengan memperbanyak ibadah serta instrospeksi diri, mudah-mudahan Bulan Ramadhan ini bisa dilalui dengan baik,” kata Muhammad Tonang.

Lebih lanjut, Tonang juga mengingatkan kepada seluruh umat Islam di Sulsel agar tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan, serta memperbanyak doa semoga pandemik COVID-19 segera berlalu.

3. Jadwal imsakiyah Makassar dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H Makassar, Mulai 3 AprilJadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H untuk wilayah Makassar. (Kemenag Sulsel)

Berikut di atas jadwal imsakiyah untuk wilayah Makassar dan sekitarnya yang dikeluarkan Kanwil Kemenag Sulsel. Untuk jadwal yang dilengkapi waktu salat lima waktu, simak tabel di bawah ini:

Baca Juga: Rumah Makan di Makassar Boleh Buka Siang Hari saat Ramadan

Topic:

  • Aan Pranata
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya