Gorontalo Ajukan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Takraw Asia

Pj Gubernur ingin kenalkan Gorontalo sebagai lumbung atlet

Makassar, IDN Times - Provinsi Gorontalo mengajukan diri sebagai tuan rumah Kejuaraan Takraw Asia tahun 2022. Rencana itu disampaikan Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

Hamka, yang menerima kunjungan tiga atlet asal Gorontalo di SEA Games 2021, mengatakan proses penjajakan untuk menjadi tuan rumah sudah berjalan. Dia sudah berkomunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Zainuddin Amali dan Presiden Federasi Sepak Takraw Asia Datuk Abdul Halim.

“Kalau dari Presiden (Takraw) Asia, Pak Datuk secara teknis sudah tidak ada masalah. Ini karena levelnya Asia jadi harus ke Pak Menpora. Jadi kalau Pak Menpora sudah ketemu Presiden Takraw Asia baru itu menunjuk kami sebagai tuan rumah,” kata Hamka, usai menerima kunjungan atlet di Aula Rumah Jabatannya, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: Duo Sulsel Sumbang Medali Emas Takraw untuk Indonesia di SEA Games

1. Ingin kenalkan Gorontalo sebagai lumbung atlet takraw

Gorontalo Ajukan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Takraw AsiaStaf Ahli Bidang Budaya Sportivitas di Kemenpora Hamka Hendra Noer. (FOTO/Kemenpora)

Akmal, Staf Ahli Menpora Bidang Budaya Sportivitas, berharap ajang Kejuaraan Takraw Asia bisa jadi ajang memperkenalkan Gorontalo. Dia menyebut selama ini Gorontalo merupakan lumbung atlet takraw nasional dan internasional. Dia juga berharap geliat ekonomi daerah bisa bergerak dengan adanya event olahraga berskala internasional.

“Saya pengen juga nanti pelatnas takraw itu bisa di Gorontalo. Kita atletnya banyak, juara juga,” katanya.

2. Tiga atlet Gorontalo raih emas di SEA Games

Gorontalo Ajukan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Takraw AsiaPj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menerima kunjungan atlet peraih medali di SEA Games. (Dok. Istimewa)

Hamka menerima tiga atlet Gorontalo peraih medali di SEA Games 2021. Mereka bertanding di cabang olahraga berbeda.

Para peraih medali, masing-masing, Zalki Ladada peraih medali emas di cabang takraw mens double; Silvana Lamada peraih perak di cabang taekwondo; serta Abdul Halim Rajiu peraih perunggu dari cabang takraw beregu.

3. Tim sepak takraw pertahankan prestasi di SEA Games

Gorontalo Ajukan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Takraw AsiaIlustrasi pertandingan sepak takraw. (Foto PB PON XX PAPUA/Ardy Alvez)

Tim sepak takraw Indonesia  membawa pulang tiga medali di ajang SEA Games Vietnam. Yakni medali emas pada nomor Double event putra, medali perak di nomor Quadrant, dan perunggu pada nomor beregu putra.

Di SEA Games Vietnam, Indonesia menurunkan enam atlet. Mereka akan turun pada tiga nomor pertandingan, yakni takraw quadrant, beregu, dan double.

Timnas Indonesia terdiri dari gabungan pemain senior dan junior. Empat pemain senior, masing-masing Muhammad Herdiansyah Muliang, Andi Try Sandi Saputra, Saiful Rijal, dan Abdul Halim Radju. Sedangkan dua pemain muda yang disiapkan sebagai regenerasi, yakni Rusdi dan Jelki Ladada.

Baca Juga: Tim Takraw Sulsel Wakili Indonesia di King's Cup Thailand

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya