Final Piala Indonesia, Suporter Tanpa Tiket Tak Usah ke Stadion

Cek jalan-jalan mana saja yang kena rekayasa dan penutupan

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Besar Makassar, Sulawesi Selatan menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan sejumlah ruas jalan pada partai final Piala Indonesia. Pertandingan yang mempertemukan PSM Makassar melawan Persija Jakarta bakal digelar di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Selasa (6/8).

Kepala Polrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo mengungkapkan, penutupan berlaku pada jalan-jalan di sekitar stadion. Ini disebut sebagai bagian dari sistem pengamanan. Penutupan akses bisa menghindari penumpukan massa berlebih di kawasan stadion, sebab hanya orang berkepentingan yang dapat memasuki di sekitar lokasi digelarnya pertandingan.

Kamu bisa melihat daftar jalan yang ditutup jelang dan selama partai final Piala Indonesia melalui tampilan grafis di akhir berita ini.

"Jadi untuk 'suporter,' hanya yang memegang tiket bisa mendekat. Kalau yang tidak punya tiket, tidak perlu datang, karena akan ada pemeriksaan di beberapa lokasi. Kami sarankan mencari tempat nonton bareng yang disiapkan di beberapa lokasi," kata Kapolres di Makassar, Sabtu (3/8).

1. Keamanan di sekitar stadion diperketat

Final Piala Indonesia, Suporter Tanpa Tiket Tak Usah ke StadionIDN Times/Aan Pranata

Kapolres menyatakan sebanyak 4.500 personel gabungan TNI dan Polri akan disiagakan untuk mengamankan pertandingan final. Petugas keamanan ditempatkan dalam beberapa lapis penjagaan, dari pinggir lapangan pertandingan hingga kawasan di sekeliling stadion.

Kapolres menjamin tidak ada lagi keributan seperti jelang pertandingan final tanggal 28 Juli yang akhirnya ditunda. Saat itu, bus rombongan tim Persija dilempari di kawasan stadion usai menjalani latihan resmi.

"Karena area di sekitar stadion, sejak H-1 sudah dilakukan penutupan," ucap Kombes Dwi.

Baca Juga: Jelang Final, Kaca Bus Persija Dilempari hingga Pecah

2. Pengamanan tuan rumah dan tim tamu sama saja

Final Piala Indonesia, Suporter Tanpa Tiket Tak Usah ke StadionIDN Times/Aan Pranata

Meski pengamanan area pertandingan diperketat, Kapolres memastikan tidak ada perlakuan khusus bagi Persija. Sistem pengamanan kepada tim tamu disebut sama saja dengan PSM Makassar selaku tuan rumah.

Petugas Kepolisian tetap akan mengawal setiap perjalanan tim Persija selama berada di Makassar. Perjalanan mereka juga dipastikan tanpa menggunakan kendaraan lapis baja, melainkan bus seperti biasa. Sedangkan saat berada di tempat penginapan, tidak ada penjagaan khusus.

"Tidak ada perbedaan. Tetap seperti semula, karena Kota Makassar ini kota yang aman," kata Kapolres.

3. Panpel dan Kepolisian siapkan 16 kantung parkir

Final Piala Indonesia, Suporter Tanpa Tiket Tak Usah ke StadionIlustrasi parkir kendaraan (Facebook.com/dhuta ukenwhae)

Ketua Local Organizing Committe (LOC) PSM Makassar Ali Gauli menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat akibat ketidaknyamanan masyarakat pengguna jalan saat pertandingan final nanti. Itu merupakan imabas pengalihan lalu lintas di stadion.

Ali juga mengungkapkan bahwa untuk kenyamanan penonton yang datang ke stadion, Panpel dan Kepolisian telah menyiapkan sejumlah titik-titik parkir kendaraan. Halaman gedung utama Stadion Andi Mattalatta akan menjadi tempat parkir VIP dan kontingen kedua tim. Sedangkan kantung parkir untuk kendaraan penonton akan disebar pada jalan-jalan di sekeliling stadion. Antara lain Jalan Ratulangi, Jalan Cendrawasih, Jalan Andi Mappanyukki, Jalan Rajawali, dan Jalan Kakatua.

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Stadion Andi Mattalatta:

Final Piala Indonesia, Suporter Tanpa Tiket Tak Usah ke StadionPolrestabes Makassar
Final Piala Indonesia, Suporter Tanpa Tiket Tak Usah ke StadionPolrestabes Makassar

Baca Juga: [BREAKING] Partai Final Leg 2 Piala Indonesia PSM vs Persija Ditunda

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya