Percetakan Makassar Kirim 18 Juta Surat Suara Pemilu 2019 ke Papua

Daerah terjauh jadi prioritas distribusi surat suara

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum melalui perusahaan percetakan pemenang tender PT. Adi Perkasa, telah mendistribusikan 18.171.292 lembar surat suara Pemilihan Umum 2019 ke Papua. Surat suara yang dicetak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini, dikirim ke provinsi paling timur Indonesia melalui jalur laut pada pekan ini.

“Papua adalah provinsi yang pertama kali dirampungkan pencetakan surat suaranya dan kini sementara didistribusikan, mengingat wilayahnya yang terjauh dari lokasi percetakan,” kata Direktur Percetakan PT. Adi Perkasa Makmur Nakku di Makassar, Sabtu (9/2).

1. Surat suara dikirim beserta logistik lain

Percetakan Makassar Kirim 18 Juta Surat Suara Pemilu 2019 ke PapuaIDN Times/Amelinda Zaneta

Makmur mengatakan, pihaknya mendistribusikan seluruh jenis surat suara Pemilu 2019 ke Papua. Antara lain surat suara untuk pemilihan presiden, legislator DPR, DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta DPD. Surat suara selanjutnya akan didistribusikan untuk 29 kabupaten/kota di Papua.

Selain surat suara, PT. Adi Perkasa juga telah mengirimkan logistik lain ke Papua berupa formulir pemungutan suara. Seluruh logistik dikirimkan dengan kontainer melalui Pelabuhan Peti Kemas Makassar. Proses didistribusi ini dikawal ketat oleh aparat keamanan hingga tiba di tempat tujuan.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Percetakan Surat Suara Pemilu 2019

2. Distribusi disusul surat suara untuk Sulawesi Utara

Percetakan Makassar Kirim 18 Juta Surat Suara Pemilu 2019 ke PapuaIDN Times / Istimewa

PT. Adi Perkasa saat ini tengah merampungkan percetakan surat suara untuk provinsi Sulawesi Utara. Menurut pesanan KPU RI, akan dicetak 9.465.863 lembar surat suara untuk 15 kabupaten kota. Setelah rampung, surat suara juga akan dikepak dan diangkut menuju pelabuhan, untuk dikirim melalui jalur laut.

Makmur menyebutkan, hingga Sabtu (9/2), pencetakan serta pengepakan untuk Sulawesi Utara sudah mencapai hampir 50 persen, yakni sekitar 4,1 juta lembar untuk 8 kabupaten/kota.  “Rencananya logistik akan diberangkatkan dari pelabuhan Makassar menuju Bitung (Sulawesi Utara) Minggu besok, 10 Februari,” ujar Makmur.

3. Surat suara untuk sembilan provinsi dicetak di Makassar

Percetakan Makassar Kirim 18 Juta Surat Suara Pemilu 2019 ke PapuaDok. IDN Times/Istimewa

Pencetakan surat suara Pemilu 2019 dimulai pada 20 Januari lalu. KPU RI menunjuk perusahaan percetakan di tiga kota, yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Khusus Makassar, dicetak 77 juta lebih lembar surat suara untuk sembilan provinsi, meliputi Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, Sulsel, Sulawesi Barat, Sulut, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Proses pencetakan surat suara ditargetkan selesai dalam 60 hari, dan diperkirakan rampung pada pertengahan Maret, atau satu bulan sebelum pemungutan suara Pemilu. Pihak percetakan menyiapkan dua persen surat suara cadangan untuk mengantisipasi surat suara rusak.

Baca Juga: Polisi Jaga Ketat Proses Pencetakan Surat Suara 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You