Dua Ruas Jalan Provinsi yang Rusak di Gowa Segera Diperbaiki

Pengerjaan di Jalan Tun Abdul Razak dan Pattallassang

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengagendakan perbaikan dua ruas jalan di Kabupaten Gowa yang rusak parah. Masing-masing ruas Jalan Tun Abdul Razak di Kecamatan Somba Opu dan Jalan Burung-burung-Bili-bili di Kecamatan Pattallassang.

Jalan Tun Abdul Razak merupakan akses penghubung Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa. Sedangkan ruas jalan di Pattallassang menghubungkan Gowa dengan Makassar dan Kabupaten Maros.

Selama ini kondisi jalan di kedua lokasi itu dikeluhkan masyarakat. Kondisi jalannya berlubang, bahkan ada yang tak tampak lagi permukaan aspalnya. Saat hujan, jalan digenangi air.

Baca Juga: Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Bakal Dibeton

1. Pengerjaan fisik segera dimulai

Dua Ruas Jalan Provinsi yang Rusak di Gowa Segera DiperbaikiKondisi Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa saat banjir. IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala Dinas Pekerjaan Umum - Tata Ruang (PUTR) Sulsel Astina Abbas mengatakan, pengerjaan fisik dua jalan provinsi itu segera dimulai. Mengingat, proyek pengerjaannya sudah memiliki pemenang lelang di LPSE Sulsel.

“Untuk ruas Tun Abdul Razak, telah selesai tender. Untuk ruas Burung burung memasuki tahapan masa sanggah, namun pemenangnya sudah ada,” kata Astina, dalam keterangannya yang diterima, Rabu (8/6/2022).

2. Jalan rusak jadi prioritas Gubernur

Dua Ruas Jalan Provinsi yang Rusak di Gowa Segera DiperbaikiPenggalian di salah satu ruas Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa, Minggu (26/12/2021). Humas Pemprov Sulsel

Astina mengatakan, kedua ruas jalan itu menjadi perhatian dan prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Mengingat, kedua ruas jalan Provinsi ini mengalami rusak berat serta menjadi keluhan masyarakat.

Ada tiga ruas yang ditangani pada paket Burung-burung-Bili-bili, yakni Jalan Yasin Limpo, jalan Burung-burung-Bili-bili dan Jalan Burung-burung-Benteng Gajah. Fokus penanganan pada perempatan Pattalassang yang kondisinya rusak berat.

“Seperti arahan bapak Gubernur, bagaimana kita berupaya untuk memudahkan mobilitas masyarakat, sehingga akan berdampak pada perekonomian masyarakat jadi meningkat,” katanya.

3. Anggaran Rp17,5 M untuk pengaspalan dan drainase

Dua Ruas Jalan Provinsi yang Rusak di Gowa Segera DiperbaikiIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemprov Sulsel mengalokasikan anggaran sekitar Rp17,5 miliar untuk pengerjaan fisik di dua ruas jalan provinsi di Gowa. Masing-masing Rp11 miliar untuk Jalan Tun Abdul Razak dan Rp6,5 miliar untuk ruas Jalan Burung-burung-Bili-bili.

Anggaran di Tun Abul Razak untuk penanganan rehabilitasi jalan, penanganan drainase, dan pengaspalan jalan. Sedangkan di ruas jalan satunya lagi untuk rehabilitasi jalan.

Baca Juga: Kakek Pencuri Ternak di Gowa Menyerahkan Diri usai Terekam CCTV

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya