Dinkes Makassar Skrining Kontak Erat Wali Kota

Danny Pomanto dalam kondisi sehat dengan gejala flu ringan

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Makassar tengah menelusuri kontak erat Wali Kota Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto yang dinyatakan positif COVID-19. Wali Kota positif berdasarkan hasil tes swab RT-PCR, Senin malam (7/2/2022).

Kepala Dinkes Makassar dr Nusaidah Sirajuddin mengatakan, penelusuran dan pelacakan kontak diperlukan karena aktivitas padat Wali Kota.

"Kita lakukan skrining terhadap yang betul-betul setiap hari ketemu dengan Pak Wali Kota," kata Nursaidah Sirajuddin dikutip dari Antara, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Danny Pomanto Positif COVID-19 dengan Gejala Demam

1. Keluarga dekat Danny Pomanto semua negatif

Dinkes Makassar Skrining Kontak Erat Wali KotaIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

dr Nursaidah menyatakan, keluarga dekat Danny Pomanto di kediaman pribadinya juga telah menjalani tes PCR. Semuanya dinyatakan negatif COVID-19.

"Skrining di Amirullah (kediaman pribadi wali kota) ada satu orang yang dinyatakan positif dari 35 orang yang diskrining," ungkap Nursaidah.

Skrining ini, kata Nursaidah juga berjalan sejak beberapa pejabat lingkup Pemkot Makassar dinyatakan positif COVID-19.

2. Danny Pomanto isoman di rumah

Dinkes Makassar Skrining Kontak Erat Wali KotaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Saat ini, Wali Kota Danny tengah menjalani isolasi mandiri di kediaman pribadinya, di Jalan Amirullah, Makassar. Tim dari RSUD Makassar atau RS Daya mengawasi kondisi terkini kesehatannya. Saat ini Danny disebut dalam kondisi kesehatan baik dengan gejala flu ringan.

"Wali kota istirahat full dulu. Ada juga personel Satpol yang berjaga-jaga agar tidak ada aktivitas di Amirullah. Wali kota baru bisa beraktivitas jika hasil tesnya nanti sudah dua kali negatif," kata dr. Nursaidah.

3. Masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah

Dinkes Makassar Skrining Kontak Erat Wali KotaInfografik Cara Menggunakan Masker yang Baik (IDN Times/Sukma Shakti)

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan di Kota Makassar. Saat ini, data Dinkes Makassar ada sekitar 285 kasus COVID-19

Kadis Kesehatan mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyatakan dirinya positif dalam sebuah video berdurasi 1 menit 30 detik yang disebarkan melalui pesan pada aplikasi WhatsApp.

“Awalnya saya mengalami keluhan berat di tenggorokan termasuk mengalami demam. Itu terjadi pada Minggu malam saya. Pada saat itu pula kami melakukan PCR test. Hasilnya, Senin malam saya terkonfirmasi positif (COVID-19),” ujar Danny Pomanto.

Baca Juga: Wali Kota Parepare dan Ketua DPRD Sulsel Positif COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya