Danny Pomanto Tak Persoalkan Siapa Pj Wali Kota Makassar

Masa jabatannya berakhir pada 8 Mei 2019

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto akan berakhir masa jabatannya pada 8 Mei 2019. Jelang "turun takhta," dia tidak mempersoalkan mengenai siapa yang orang akan menggantikan posisinya.

Makassar akan dipimpin Penjabat Wali Kota selama satu tahun lebih. Sebab pejabat definitif mesti menunggu Pemilihan Kepala Serentak tahun 2020.

1. Danny serahkan sepenuhnya kepada Gubernur

Danny Pomanto Tak Persoalkan Siapa Pj Wali Kota MakassarIDN Times/Didit Hariyadi

Danny -sapaan Ramdhan Pomanto- menolak berkomentar soal figur calon Penjabat Wali Kota Makassar. Merujuk aturan, penjabat ditunjuk langsung oleh gubernur.

Danny menyatakan akan menyerahkan sepenuhnya soal penunjukan itu kepada Gubernur Nurdin Abdullah. Sedangkan dia fokus menyelesaikan masa jabatan.

"Saya tidak campur, itu kewenangan gubernur," katanya.

Baca Juga: Laksanakan Reformasi Birokrasi, LKPP dan Pemkot Makassar Teken MoU 

2. Tidak ada kriteria khusus bagi calon penerus

Danny Pomanto Tak Persoalkan Siapa Pj Wali Kota MakassarIndpolace/Zakila

Lebih lanjut, Danny menyatakan tidak akan menitipkan kriteria khusus soal figur yang cocok menjadi Penjabat Wali Kota. Dia menilai kriteria itu juga jadi kewenangan penuh Gubernur.

Danny hanya berharap agar di masa transisi kepemimpinan, Penjabat Wali Kota dapat menjaga stabilitas baik di pemerintahan maupun di masyarakat. "Terserah mau tunjuk siapa, pokoknya jangan biarkan Makassar mundur lagi," ujar Danny.

3. Danny belum terang-terangan akan mencalonkan kembali

Danny Pomanto Tak Persoalkan Siapa Pj Wali Kota MakassarIDN Times/Makassar

Pada Pilkada Serentak 2018 lalu, Pemilihan Wali Kota Makassar dinyatakan tanpa pemenang. Calon tunggal Munafri Arifuddin - Andi Rahmatika Dewi gagal menang atas kotak kosong. Pilkada pun diulang di 2020.

Danny pomanto sebelumnya mencalonkan diri di Pilkada 2018. Dia berpasangan Indira Mulyasari, namun belakangan didiskualifikasi oleh KPU karena dianggap melanggar aturan tentang Pilkada. Untuk Pilkada tahun depan, dia belum terang-terangan menyampaikan rencananya untuk mencalonkan diri kembali.

"Sekarang saya konsentrasi bagaimana Makassar terjaga," Danny melanjutkan.

4. Wali Kota sudah mulai pamit ke masyarakat

Danny Pomanto Tak Persoalkan Siapa Pj Wali Kota MakassarIDN Times/ Istimewa

Sebelumnya diberitakan, Danny Pomanto berencana lebih banyak berkeliling menemui warganya. Dia sekaligus akan pamit kepada masyarakat, jelang masa jabatannya bersama Wakil Wali Kota Syamsu Rizal berakhir.

Waktu yang tersisa akan dimanfaatkan untuk menyerap lebih banyak aspirasi warga, di samping menyampaikan permohonan maaf jika selama ini banyak kekurangan dan salah. “Masa tugas saya hampir berakhir. Pekan depan saya akan mulai turun menjumpai para tokoh masyarakat di setiap kecamatan,” kata Danny di Makassar, Sabtu (16/2).

Baca Juga: 3 Plt di Tana Toraja Ditengarai Tak Sesuai Aturan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya