Danny Pomanto: Setiap Tanggal 1 Siswa Pakai Baju Adat di Sekolah

Wujud komitmen kebudayaan Pemerintah Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Danny Pomanto mencanangkan penggunaan baju adat bagi pelajar di sekolah. Penggunaan baju adat jadi agenda rutin setiap bulan.

"Saya canangkan bahwa setiap tanggal 1 setiap bulan berbaju adat," kata Danny saat jadi pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di SMP Negeri 13 Makassar, Selasa (2/5/2023).

Selain penggunaan baju adat, pada momen itu Danny juga mencanangkan penerapan metode belajar Gampang, Asyik, Menyenangkan, yang disingkat GASING. "Untuk pengimbasan kepada 193 ribu anak SD dan SMP di Makassar," ucap Danny.

Baca Juga: Remaja di Makassar Nyaris Tikam Ayah karena Tak Dipinjami Motor

1. Jadi bentuk komitmen kebudayaan Pemkot Makassar

Danny Pomanto: Setiap Tanggal 1 Siswa Pakai Baju Adat di SekolahWali Kota Makassar Danny Pomanto jadi pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2023). (Dok. IDN Times/Pemkot Makassar)

Penggunaan baju adat akan diterapkan bagi pelajar tingkat SD dan SMP, yang jadi wewenang Pemkot Makassar. Secara singkat, Danny mengatakan bahwa soal itu jadi komitmen kebudayaan Pemkot Makassar yang juga jadi salah satu poin dari 18 revolusi pendidikan.

18 revolusi pendidikan adalah misi-misi yang dicanangkan Wali Kota Danny di bidang pendidikan sejak tahun 2016. Misi itu dianggap sebagai jawaban atas masalah yang dihadapi saat ini sekaligus sarana mewujudkan SDM yang mampu bersaing.

2. Sistem GASING diharapkan bikin siswa makin cerdas

Danny Pomanto: Setiap Tanggal 1 Siswa Pakai Baju Adat di SekolahPertunjukan seni budaya menjadi penyemarak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Makassar, Selasa (2/5/2023). (Dok. IDN Times/Pemkot Makassar)

Danny Pomanto mengatakan, sistem belajar GASING dicanangkan dengan harapan menjadikan para siswa menjadi anak cerdas dan dibanggakan. Metode itu dianggap efektif untuk menggali kecerdasan siswa.

"Saya memiliki hipotesis bahwa anak-anak Makassar, siapapun dia ialah anak-anak cerdas. Tinggal bagaimana menemukan kecerdasan dengan sadar agar menemui jalanan yang baik bagi hidupnya," kata Danny.

Sejauh ini, Dinas Pendidikan Makassar, ucap DAnny, sudah memulai program GASING bersama 50 guru dan beberapa murid. Selanjutnya, ratusan ribu siswa ditargetkan tersentuh dengan program ini. Sementara, tahun depan juga harus sudah mulai dengan pendidikan belajar 10 tahun agar tidak ada anak-anak yang tidak sekolah lagi.

Sesuai dengan tema Hardiknas kali ini, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, lanjut Danny, programnya telah sesuai visi misi Pemkot Makassar. Seperti, memperbanyak outing class, smart class, dan interaksi sosial. Apalagi, Pemkot Makassar punya banyak guru penggerak, kepala sekolah yang berkualifikasi.

3. Sistem pendidikan Makassar diharapkan mencetak generasi unggul

Danny Pomanto: Setiap Tanggal 1 Siswa Pakai Baju Adat di SekolahKantor Balaikota Makassar (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi turut mengikuti upacara peringatan Hardiknas di SMP Negeri 13 Makassar. Momentum tersebut dijadikan Fatmawati sebagai ajang menghimbau para pendidik untuk menciptakan generasi cerdas dan unggul lewat 18 revolusi pendidikan yang dicanangkan dalam kepemimpinan Danny- Fatma.

Katanya, 18 revolusi pendidikan merupakan jawaban atas masalah yang dihadapi saat ini di dunia pendidikan. “Revolusi pendidikan ini dimaksud karena saya dan pak Wali Kota, Danny Pomanto
menginginkan perubahan drastis dalam waktu yang cepat dan tepat,” ucapnya.

Kata Fatmawati, poin pertama dari 18 Revolusi Pendidikan itu menekankan “Semua Anak Bisa Sekolah”. Dengan begitu tak ada lagi anak yang tidak dapat menikmati pendidikan atau anak Makassar putus sekolah lantaran tak mendapatkan jatah kursi di sekolahnya. Karenanya, Fatmawati berharap agar pendidikan di Indonesia khususnya di Kota Makassar mampu mencetak generasi penerus yang tak hanya cerdas namun juga berbudi Pancasila.

“Selain cerdas generasi juga harus memiliki jiwa dan mental yang berbudi pancasila. Dengan begitu anak-anak penerus kita bisa berpartisipasi aktif dalam memajukan bangsa,” harapnya.

Baca Juga: Pengajuan Bacaleg DPRD Makassar Masih Nihil Pendaftar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya