Curah Hujan Tinggi di Akhir Tahun, Waspadai Banjir di Makassar

Empat kecamatan paling rawan tergenang

Makassar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengingatkan masyarakat agar waspada dengan potensi bencana banjir akibat akibat hujan deras.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi di akhir tahun.

“Ancaman bencana yang ditimbulkan cuaca ekstrem terkadang tidak bisa dihindar. Segala bentuk persiapan harus dilakukan oleh warga maupun pemerintah,” kata Kepala Sub Bagian Program Data dan Evaluasi BPBD MAkassar Nurhaeni, Jumat (21/12).

1. Hujan lebat hingga akhir tahun

Curah Hujan Tinggi di Akhir Tahun, Waspadai Banjir di MakassarIlustrasi hujan lebat (Pixabay)

Berdasarkan informasi BMKG, hujan deras diperkirakan melanda wilayah Sulsel selama beberapa hari ke depan. Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi kemungkinan akan turun sejak pagi hingga sore hari.

Nurhaeni mengatakan, Makassar termasuk wilayah yang terkena dampak cuaca ekstrem. Dia mencontohkan beberapa terakhir hujan yang mulai turun dengan intensitas tinggi.

“Masyarakat diminta untuk selalu mewaspadai potensi bencana akibat cuaca ekstrim ini. Akhir bulan Desember 2018, diperkirakan intensitas curah hujan sangat tinggi,” ujar Nurhaeni.

Baca Juga: Waspada! Wilayah Jabar dan 11 Daerah Lain Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

2. Empat kecamatan rawan tergenang

Curah Hujan Tinggi di Akhir Tahun, Waspadai Banjir di MakassarIDN Times/Sukma Shakti

BPBD menyebut wilayah di empat kecamatan di Makassar rawan tergenang banjir akibat cuaca ekstrem. Daerah tersebut sebagian besar di wilayah timur Makassar yang sebelumnya memang sering terjadi langganan banjir saat masa hujan lebat.

Wilayah yang dimaksud antara lain kecamatan Manggala, meliputi jalan Tamangapa Raya, Kampung Bontoa, Romang Tangaya, Kompleks Pemda, Perumnas Antang, Kompleks IDI, dan Jalan Swadaya.

Wilayah di Kecamatan Biringkanaya terdiri dari Kampung BTN Mangga Tiga Paccerakkang, Katimbang, Nusa Harapan Permai, dan BTN Kodam III.

Pada Kecamatan Tamalanrea, banjir berpotensi terjadi di sebagian kompleks Bumi Tamalanrea Permai, dan Perumahan Bung. Sedangkan di Kecamatan Panakkukang antara lain Asrama Polisi Panaikang.

“BPBD Makassar telah menyiagakan personel dan peralatan selama 1x24 jam untuk mengantisipasi bencana banjir dan puting beliung yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” Nurhaeni mengatakan.

 

3. Hujan ringan di akhir pekan

Curah Hujan Tinggi di Akhir Tahun, Waspadai Banjir di MakassarANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Makassar merilis prakiraan cuaca wilayah Sulsel dan sekitarnya pada Jumat (21/12).

Menurut perkiraan, sebagian wilayah berawan dan berpotensi dilanda hujan ringan pada Jumat pagi hingga Sabtu (22/12) dinihari. Kondisi itu kemungkinan tidak jauh berbeda hingga sepanjang akhir pekan.

Pengecualian bagi wilayah Pangkep dan Barru, yang kemungkinan dilanda hujan sedang hingga lebat. Adapun secara umum suhu udara di Sulsel berkisar 20-32 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-95 persen.

“Untuk wilayah laut, gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkirakan terjadi di perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian selatan, dan Laut Flores,” katanya

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Hingga 50 Derajat, 57 Jemaah Haji Indonesia Meninggal

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya