Cara Melihat Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS di Sscasn.bkn.go.id

Website resmi BKN untuk informasi seputar seleksi CPNS

Makassar, IDN Times - Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021 kini memasuki tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Jadwal tes SKD berbeda-beda menurut instansi.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sudah menyediakan informasi bagi peserta seleksi CPNS melalui laman sscasn.bkn.go.id. Antara lain menyediakan informasi mengenai lokasi dan jadwal tes SKD.

Untuk mengaksesnya, cek langkah berikut ini.

Baca Juga: CPNS Pemprov Sulsel, Peserta Positif COVID-19 Bisa Atur Ulang Jadwal

1. Cara cek jadwal dan lokasi tes SKD

Cara Melihat Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS di Sscasn.bkn.go.idLaman pendaftaran CPNS di portal SSCASN. sscasn.bkn.go.id

Untuk mengetahui jadwal dan lokasi tes SKD, buka browser di HP atau laptop lalu masukkan alamat: https://data-sscasn.bkn.go.id. Pada laman itu, pilih menu Layanan Informasi lalu klik Jadwal Ujian.

Pada laman Jadwal Ujian yang sudah terbuka, kamu melihat daftar berisi instansi, titik lokasi, alamat, serta jadwal mulai dan selesai ujian. 

Pada kolom pencarian, masukkan instansi yang ingin kamu ketahui jadwal dan lokasi ujiannya. Hasilnya pun segera ditampilkan.

2. Tes SKD jadi salah satu tahapan seleksi CPNS

Cara Melihat Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS di Sscasn.bkn.go.idIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Tes SKD menjadi salah satu tes wajib dalam seleksi CPNS. Di tahap ini, setiap peserta akan mengikuti ujian lalu panitia mengumumkan hasilnya. Peserta yang dinyatakan lulus akan melaju ke tahap berikutnya, yakni tes seleksi kompetensi bidang. 

Pada tahapan selanjutnya, panitia akan mengumumkan hasil integrasi tes SKD dan SKB. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus bisa mengajukan sanggahan. Setelah itu panitia akan memutuskan hasil sanggah yang sudah bersifat mutlak.

3. Peserta yang positif COVID-19 bisa atur ulang jadwal

Cara Melihat Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS di Sscasn.bkn.go.idIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) akan digelar pada 14 - 18 September 2021 nanti. Rencananya, SKD akan digelar di gedung Celebes Convention Center (CCC) Makassar.

Wakil Ketua Panitia CPNS di Sulsel, Tautoto Tanaranggina menjelaskan bagi peserta yang tengah positif terpapar COVID-19 pada saat pelaksanaan SKD nanti, diharapkan agar segera melapor ke panitia.

"Jika ada peserta yang positif COVID-19 agar segera melaporkan ke panitia dengan melampirkan surat keterangan COVID-19 untuk kita jadwal ulang," kata Toto, panggilannya, saat rapat persiapan di CCC, Rabu (8/9/2021).

Setiap peserta tes CPNS wajib menyertakan surat keterangan hasil PCR atau antigen yang menyatakan negatif COVID-19. Tapi sebelum masuk ke ruangan tes, peserta wajib mengukur suhu tubuh menggunakan thermogun.

Jika ditemukan peserta yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat, maka mereka akan dipisahkan dengan peserta lainnya. Panitia sudah menyiapkan ruangan khusus yang diberi nama hot room.

"Walaupun sudah ada keterangan swab atau antigen menyatakan bahwa dia negatif tapi begitu dia sampai sini suhunya 37,3 derajat, kami arahkan masuk ke hot room," kata Toto.

Baca Juga: Peserta Tes SKD CPNS Wajib Sudah Divaksin COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya