BMKG Prediksi Musim Hujan di Sulsel Datang Lebih Cepat

Biasanya awal musim hujan datang pada bulan November

Makassar, IDN Times  - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulawesi Selatan akan memasuki awal musim hujan pada Oktober 2021.

Prakiraan itu lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di mana musim hujan biasanya masuk di bulan November.

 "Sekarang masih transisi, cuma perlu diketahui bahwa musim hujan sedikit maju, normalnya. Biasanya November, tahun 2021 ini diprakirakan terjadi pada Oktober akhir," kata Prakirawan Balai Besa Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar Esti Kristianti, dikutip dari Antara, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Lebih Awal, Sejumlah Wilayah RI Diprediksi Masuk Musim Hujan September

1. Hujan beberapa hari terakhir belum jadi tanda musim hujan

BMKG Prediksi Musim Hujan di Sulsel Datang Lebih CepatIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Esti menerangkan, meski terjadi hujan beberapa hari belakangan, namun belum dikatakan sudah masuk musim hujan. Karena kondisi cuaca masih transisi dari musim kemarau.

Selain itu, bila dilihat dari pergerakan angin, aliran massa udara di wilayah Sulsel umumnya masih didominasi angin timur. Sedangkan untuk penegasan masuk musim hujan, biasanya ditandai perubahan angin secara otomatis yakni angin barat.

2. Awal musim hujan maju karena pengaruh la nina

BMKG Prediksi Musim Hujan di Sulsel Datang Lebih CepatIlustrasi prediksi cuaca BMKG (IDN Times/bmkg.go.id)

BMKG menandai masuknya musim hujan dengan tanda berupa curah hujan di atas 50 milimeter selama tiga dasarian berturut-turut. Tiga dasarian merupakan hitungan per sepuluh hari.

Kendati hujan dengan intensitas sedang berlangsung beberapa hari terakhir, belum bisa dikatakan musim hujan. Namun demikian, awal musim hujan diprediksi lebih maju karena ada beberapa faktor termasuk adanya La Nina. Yakni fenomena alam menurunnya suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah sehingga udara jadi lebih dingin dari biasanya.

"Ini masih indikasi, artinya masih diperkirakan La Nina, indikasi presentasi 60-70 persen ada indikasi La Nina, seperti itu," kata Esti.

3. Curah hujan di wilayah Sulsel masih normal

BMKG Prediksi Musim Hujan di Sulsel Datang Lebih CepatIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Sejauh ini, wilayah Sulsel potensi curah hujan masih normal. Sedangkan untuk potensi curah hujan tinggi bila perhitungan per hari sering terjadi, maka termasuk peringatan dari BMKG sebagai informasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Misalnya, hari ini hujan cukup lebat bukan berarti sudah musim hujan. Prediksi untuk musim hujan, bisa lebih maju dari normalnya," Esti menambahkan.

Baca Juga: Waspadai 3 Hal Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya