Akhir Pekan, Yuk Jajan di Makassar Culinary Night

Bakal tersedia 71 stan menu kuliner tradisional dan modern

Makassar, IDN Times - Dinas Pariwisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk tahun kelima, kembali menggelar festival jajanan bertajuk Makassar Culinary Night (MCN). Ajang ini digelar di kawasan benteng Fort Rotterdam, Jalan Ujung Pandang, Makassar, pada Sabtu (13/4) mendatang.

Makassar Culinary Night terbuka untuk umum, dan dapat diakses secara gratis selama seharian. Tersedia paduan sajian menu kuliner tradisional maupun modern yang siap memanjakan lidah. Sambil jajan, pengunjung dihibur dengan penampilan di panggung hiburan.

"MCN jadi idola kegiatan kuliner di Makassar, dengan pengunjung yang dari tahun ke tahun bertambah. Kali ini kita target 15 ribu pengunjung dengan penjualan hingga Rp300 juta,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Makassar Kamelia Thamrin Tantu, pada konferensi pers di Makassar, Rabu (10/4).

Baca Juga: Karya Kreatif, Dekranasda Makassar Pamerkan Kerajinan Eceng Gondok   

1. Sebanyak 71 stan kuliner bergabung dalam festival

Akhir Pekan, Yuk Jajan di Makassar Culinary NightInstagram / mcn_makassar

MCN dibuka Sabtu (13/4) sejak pukul 13.00 Wita hingga 23.00 Wita. Selama itu, tersedia beragam suguhan kuliner melalui 71 stan. Mereka yang bergabung dalam festival merupakan pegiat usaha kecil menengah (UKM) yang terpilih melalui proses kurasi panitia.

Kamelia mengatakan, MCN melalui sajian kuliner bertujuan mengundang lebih banyak wisatawan ke Makassar. Di sisi lain, acara ini jadi wadah pelaku UKM untuk memperkenalkan usaha mereka.

“Kita sekaligus mengapresiasi para pelaku kreatif UKM khususnya di bidang kuliner,” ucap Kamelia.

2. Festival angkat tema Kartini II

Akhir Pekan, Yuk Jajan di Makassar Culinary NightIDN Times / Istimewa

Pada tahun kelima-- sejak mulai digelar pada 2015--Makassar Culinary Night mengangkat tema "Semangat Kartini II" sebab pelaksanaanya berdekatan dengan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April. Semangat Kartini diharap jadi pemacu motivasi bagi pengusaha kuliner di Makassar, terutama perempuan.

Di tengah hajatan kuliner, panitia mempersiapkan sejumlah hiburan, di antaranya penampilan tarian tradisional khas Makassar, marching band, dan band musik lokal. Para stan kuliner juga menyiapkan permainan menarik bagi pengunjung untuk semakin memeriahkan festival.

3. Panitia libatkan peran blogger kuliner

Akhir Pekan, Yuk Jajan di Makassar Culinary NightInstagram/makan_enak_disuroboyo

Pada Makassar Culinary Night, Dinas Pariwisata Makassar bekerja sama dengan sponsor tak luput melibatkan sejumlah blogger kuliner. Mereka berperan sebagai tim kurator dalam pemilihan stan kuliner yang lolos dalam festival.

Blogger kuliner yang terlibat, antara lain Jajanan Makassar, Makan-makan Makassar, NgemilLucu, Gausahdiet, Foodgrapher Makassar, Makassar Eatery. Lalu Share Before Eat, Makassar Food Bang, Mister Makan, Foot Studio Makassar, dan NganreRong.

“Food blogger ini secara tidak langsung juga berperan penting dalam memperkenalkan sisi pariwisata Kota Makassar dalam bidang kuliner,” ucap Kamelia.

4. Psst, ada cashback. Lihat nih syaratnya

Akhir Pekan, Yuk Jajan di Makassar Culinary Nightusplash.com/Jonas Leupe

Panitia mengundang masyarakat Makassar untuk datang dan merasakan langsung pengalaman seru di Makassar Culinary Night. Selain tanpa biaya masuk, pengunjung juga dinanti oleh berbagai penawaran menarik.

GOJEK selaku pendukung utama acara, misalnya, hadir dengan memberikan cashback 30 persen bagi pengunjung yang bertransaksi dengan pembayaran digital GO-Pay. Bagi pengunjung yang membawa tumblr minum sendiri, akan dapat potongan harga di stan tertentu.

“Lewat festival ini kita berupaya meminimalisir sampah plastik,” Kamelia menerangkan.

Baca Juga: Kemenhub Tetapkan Tarif Ojek Online. Di Sulawesi Jadi Berapa Ya?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya