Ada Festival F8, Simak Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Pantai Losari

Rekayasa lalu lintas berlaku selama lima hari

Makassar, IDN Times - Makassar International Eight Festival and Forum alias F8 digelar di kawasan Anjungan Pantai Losari Makassar, mulai hari ini, Rabu (7/9/2022). Selama kegiatan itu, arus lalu lintas di sekitar lokasi bakal dialihkan.

Kepala Dinas Perhubungan Makassar Iman Hud mengatakan, selama digelar F8, ratusan petugas akan ditempatkan di sejumlah titik untuk mengatur arus lalu lintas. Penempatan petugas untuk mencegah kemacetan arus kendaraan.

Salah satu bentuk rekayasa lalu lintas adalah penutupan sebagian ruas jalan Penghibur dan Lamadukelleng. Sebagian ruas jalan yang ditutup bisa digunakan untuk tempat parkir kendaraan.

"Sekitar 300 personel akan ditempatkan di lokasi yang sudah ditentukan untuk mengarahkan kendaraan ke jalur yang sesuai dengan rekayasa lalu lintas. Tentunya, untuk mengurai kemacetan," kata Iman Hud dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: F8 Makassar 2022, Jadwal dan Harga Tiket Masuk Nonton Konser

1. Simak pengalihan lalu lintas di sekitar lokasi F8

Ada Festival F8, Simak Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Pantai LosariIlustrasi pengalihan arus lalu lintas. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Festival Makassar F8 bakal berlangsung lima hari, hingga Minggu, 11 September 2022. Rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi berlangsung selama kegiatan.

Berikut ini pengalihan dan penutupan jalan di sekitar kawasan Festival Makassar F8:

  1. Jalan Ratulangi-Haji Bau satu arah dari timur ke barat menuju jalan Metro Tanjung Bunga, belokan ke kanan Jalan Penghibur ditutup atau diblok.
  2. Dari jalan Metro Tanjung Bunga, belokan kiri ke Jalan Penghibur ditutup (area drop off). Kendaraan harus belok kanan ke Jalan HM Saleh (samping Rumah Jabatan Wali Kota) untuk menuju ke Jalan Arief Rate.
  3. Dari Jalan Arief Rate, kendaraan bisa masuk ke Jalan Yosep Latumahina untuk menuju ke Jalan Penghibur. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Maipa. Sebagian jalan Penghibur tembusan ke Datu Museng ditutup.
  4. Dari Jalan Maipa ke Lamadukelleng, belokan kanan ditutup. Kendaraan harus belok kiri ke Jalan Hasanuddin.
  5. Jalan Datu Museng berubah arah, dari barat ke timur menjadi timur ke barat. Kendaraan tidak boleh lurus ke ujung pembelokan Rumah Sakit Stella Maris. Harus belok ke Jalan KH H Ahmad Dahlan.
  6. Kendaraan dari Jalan Sombaopu tidak boleh belok kiri ke Jalan Datu Museng. Harus belok kanan ke Jalan Penghibur.
  7. Kendaraan dari Jalan Penghibur tidak boleh lurus langsung ke Jalan Pasar Ikan atau Jalan Ujung Pandang (area drop off). Harus belok kanan ke Jalan Bau Massepe.
  8. Kendaraan dari Jalan Pasar Ikan atau Jalan Ujung Pandang bisa lurus langsung ke Jalan Penghibur sampai ke area drop off (pembelokan Jalan Bau Massepe dan Jalan Wahab Taru).
  9. Kendaraan dari Jalan Arief Rate tidak boleh lurus langsung ke Jalan Cenderawasih dan kiri ke Jalan Haji Bau. Harus belok kanan ke Jalan Haji Bau.
  10. Kendaraan dari arah Jalan Cenderawasih tidak boleh lurus langsung ke Jalan Arief Rate. Harus belok kiri ke Jalan Haji Bau.
  11. Kendaraan dari Jalan Rajawali harus belok kiri ke Jalan Metro Tanjung Bunga

2. Pemkot siapkan kantong parkir bagi pengunjung dan tamu undangan

Ada Festival F8, Simak Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Pantai LosariPenari berlatih di kawasan Anjungan Pantai Losari jelang festival Makassar F8 yang digelar 7-11 September 2022. (Dok. Pemkot Makassar)

Dishub Makassar menyediakan tempat parkir bagi pengunjung maupun tamu undangan Makassar F8. Salah satunya lokasi bekas Taman Gajah, yang dipakai untuk parkiran dengan daya tampung dua ratus motor.

Tidak jauh dari bekas taman gajah, tepatnya di taman Samsat, juga dijadikan sebagai kantong parkir bagi kendaraan roda dua. Satuan ruang parkirnya dapat menampung 200 motor.

"Termasuk di dekat kayu bangkoa (sekitaran hotel MGH) 150 satuan ruang parkirnya untuk roda dua," kata Iman Hud.

Untuk parkiran kendaraan roda empat atau mobil, Dishub Makassar telah menyiapkan tempat di area kawasan CPI, sisi utara. Di sana bisa menampung 200 mobil.

"Ini sebagai titik parkiran utama atau VIP. Titik parkir utama ini, di hari pembukaan Makassar F8 juga bakal dijadikan tempat pendaratan pasukan terjun payung. Sehingga, difungsikan sekitar pukul 18.00 WITA atau jam 6 magrib," Iman Hud menerangkan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Makassar, Syafran menambahkan, di titik parkiran utama roda dua, juga merupakan area pintu masuk satu bagi pengunjung Makassar F8.

"Ada tambahan terkait penyediaan kantong-kantong parkir roda empat, sebagian besar dialokasikan ke kawasan CPI, akan dikoordinasikan agar dekat Lego-Lego dijadikan kantong parkir (roda empat). Terkait operasional parkir, dishub berkoordinasi dengan PD Parkir," ucapnya.

3. Ini dua pintu masuk ke lokasi Makassar F8

Ada Festival F8, Simak Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Pantai LosariWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Panitia penyelenggara festival Makassar F8 menyediakan dua pintu masuk bagi pengunjung. "Pintu masuk yang pertama ada di Bundaran CPI (Center Point of Indonesia), Jalan Metro Tanjung Bunga," ujar panitia penyelenggara PT. F8, Hilmy Dzaky.

Persis setelah masuk dari pintu ini, kata Hilmy Dzaky, pengunjung akan berada di Zona 1. Di Zona ini terdapat Folks Area, Performance Stage, dan di depan Masjid Amirul Mukminin ada Flora Area.

"Pintu masuk kedua, dari arah Makassar Golden Hotel nanti langsung ke Zona 4 di Anjungan Toraja-Mandar," kata Hilmy Dzaky.

Setelah masuk di Zona 4, pengunjung akan disuguhkan banyak pilihan kuliner. Ada juga Performance Stage, Play Ground, dan Fine Art Area.

Kedua pintu masuk lokasi event Makassar F8 berdampingan dengan pintu keluar. Jadi akses masuk dan keluar untuk pengunjung hanya ada di dua titik tersebut.

Diketahui, Makassar F8 mengambil lokasi di sepanjang Anjungan Pantai Losari atau sekitar 1,4 km yang dibagi menjadi empat zona.

Baca Juga: Pemkot Makassar Agendakan Pemilihan Ketua RT/RW di November

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya