Terkuak, Ini Alasan Hubungan Sedarah Kakak dan Adik di Kaltim

Bermula dari curhat kakak adik

Samarinda, IDN Times - Kasus hubungan terlarang antar saudara alias inses di Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur,  terus diselidiki polisi. Satu persatu fakta terkuak. Perkara ini melibatkan, Mentari (19)--bukan nama sebenarnya, adik dan Don Juan (23)--juga bukan nama sebenarnya, sang kakak. Akibat perbuatan tersebut, Mentari hamil lima bulan.

Di hadapan penyidik, Don Juan mengisahkan semuanya. Termasuk alasan dia nekat melakukan hubungan laiknya suami dan istri dengan adik kandungnya, Mentari. Don Juan tahu benar, aksinya itu melanggar semua norma termasuk agama. Namun, semua sudah terjadi dan dirinya khilaf melakukan itu.

Jalinan kasih itu dimulai Don Juan akhir 2018 lalu. Sebelumnya, sejoli itu terpisah sebab Don Juan bekerja di Balikpapan dan Mentari tinggal bersama orangtuanya. 

"Korban ini punya delapan saudara. Tersangka itu kakak pertamanya," terang Kasat Reskrim Polres Kutai Timur,  AP Ferry Putra Samodra, Selasa (8/10) saat dihubungi lewat ponsel.

1. Hubungan terlarang tidak diketahui orang tua, sejoli makin intim lewat curhat

Terkuak, Ini Alasan Hubungan Sedarah Kakak dan Adik di KaltimIDN Times/Sukma Shakti

Belakangan, setelah Don Juan kembali ke Kutim dan bekerja di ladang sawit, dia tinggal satu atap dengan Mentari dan juga adik-adiknya yang lain. Maklum, rumah kedua orang tua mereka tak terlalu besar untuk menampung sembilan anak. Jadilah mereka tinggal di rumah lain di depan rumah dengan orangtuanya. 

"Tak ada, orang tuanya pun tak suuzan," katanya.

Namun saat itulah rasa saling suka perlahan mendekat. Don Juan dan Mentari rupanya mengalami nestapa senada, yakni sering diolok-olok alias di-bully saat sekolah. Ketika itu, Mentari sering berkisah atau curhat dengan Don Juan. Keduanya pun makin akrab. Sayangnya, nafsu Don tak bisa ditahan, dia juga menilai adiknya itu molek.

"Rupanya rasa sayang tersangka bertambah besar dengan adiknya hingga menjurus kepada hubungan intim," tambahnya.

2. Awalnya dipaksa kemudian menjadi suka sama suka

Terkuak, Ini Alasan Hubungan Sedarah Kakak dan Adik di KaltimIDN Times/Sukma Shakti

Pengakuan Mentari soal dipaksa melakukan hubungan suami istri itu benar. Don Juan juga mengaku pernah mengancam Mentari tak dibiayai sekolahnya, bila tak menuruti nafsu bejat kakaknya.

Hubungan itu bahkan ditutup rapat-rapat termasuk dari orang tua keduanya. Namun akhirnya Mentari menjadi suka, asmara berlanjut. Menurut kasat reskrim, keduanya, Mentari dan Don Juan sudah dewasa. Mereka melakukan hubungan intim atas dasar suka sama suka.

"Dari pengakuan korban, dia merasa nyaman dengan perlakuan tersangka dan merasa berutang budi dengan kakaknya," terangnya.

3. Alasan sakit kista demi menutupi kehamilan

Terkuak, Ini Alasan Hubungan Sedarah Kakak dan Adik di KaltimIDN Times/Sukma Sakti

Kasat menambahkan, hubungan sedarah memang tak melanggar hukum, namun tetap saja pelakunya dikenakan bisa dikenakan UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Wajar demikian, sebab kasus itu melibatkan adik/kakak, Mentari dan Don Juan.

“Kasus ini sedang kami selidiki. Tersangka sudah kami tahan,” ujar Kasatreskrim Polres Kutim AKP Ferry Putra Samodra.

Lebih lanjut, perwira balok tiga itu menerangkan polisi menerima laporan dari warga pada Kamis 3 September. Sebelum kabar tersebut sampai di meja polisi, hingga dibuat laporan rupanya pelajar SMA itu sering mual-mual di sekolah.

Setiap ditanya oleh guru dan kawan-kawannya dia beralasan sakit kista. Dalih itu juga yang diberikan kepada orang tuanya. Kecurigaaan Mentari hamil nyaris tak ada sebab keduanya saudara kandung.

Karena khawatir akan kondisi Mentari, ibu RT yang tinggal dekat kediaman Mentari membawanya ke dokter. Saat itulah, kehamilan Mentari terkuak dan berujung laporan polisi.

Baca Juga: Heboh, Hubungan Sedarah Kakak dan Adik hingga Hamil 5 Bulan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya