Comscore Tracker

Karangan Bunga dari Xanana Gusmao untuk Habibie

Habibie memiliki tempat tersendiri di hati warga Timor Leste

Jakarta, IDN Times - Di antara deretan karangan bunga duka cita atas meninggalnya BJ Habibie, ada satu yang mencuri perhatian. Karangan bunga itu atas nama mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao.

Karangan bunga berlatar ungu dengan teks cetak putih itu menggambarkan betapa Habibie memiliki kenangan manis bagi masyarakat Timor Leste.

"With heartfelt sympathy for the loss of big brother President BJ Habibie. Timorese people will remember you forever. Rest in peace," demikian teks yang tertulis di karangan bunga.

Sebagaimana diketahui, Habibie mengambil keputusan untuk memisahkan Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) setelah menggelar jajak pendapat. Kala itu, Xanana merupakan salah satu aktivis bumi Loro Sae yang mendukung kemerdekaan.

Adapun hasilnya jajak pendapat yang digelar akhir Agustus 1999 itu adalah 78,5 persen masyarakat Timor Timur menolak otonomi khusus yang ditawarkan Indonesia. Timor Timur resmi berpisah dengan Indonesia pada Oktober 1999 dan menjadi bangsa baru bernama Timor Leste. 

Itulah sebabnya, Habibie memiliki tempat tersendiri di hati warga Timor Leste.

Karangan Bunga dari Xanana Gusmao untuk HabibieIDN Times/Vanny El Rahman

Baca Juga: Potret 20 Tahun Referendum dan Jembatan BJ Habibie di Timor Leste

Baca Juga: Lepasnya Timor Timur dari Kacamata BJ Habibie

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You