Surat Sehat Bebas COVID-19 Dijual Online, Ini Tanggapan Tokopedia

Masyarakat diminta untuk melaporkan apabila ada yang salah

Jakarta, IDN Times - External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menanggapi surat keterangan sehat bebas COVID-19 yang dijual di berbagai e-commerce. Sebelumnya warganet beramai-ramai mengecam pihak yang menjual surat sehat COVID-19.

“Marketplace kami bersifat user generated content (UGC), di mana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri,” kata Ekhel melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (14/5).

1. Tokopedia akan bertindak setelah menerima laporan

Surat Sehat Bebas COVID-19 Dijual Online, Ini Tanggapan TokopediaDok.IDN Times/Istimewa

Meski UGC memberikan keluwesan bagi para penjual, pihak Tokopedia tetap melakukan pengawasan bahkan bisa melakukan penindakan apabila banyak masyarakat yang memberikan keluhan.

“UGC Sangat bermanfaat, namun tetap harus kami sertai dengan aksi proaktif untuk menjaga norma dan hukum yang berlaku,” sambung dia.

2. Mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fitur lapor

Surat Sehat Bebas COVID-19 Dijual Online, Ini Tanggapan TokopediaDok.Tokopedia

Demi mencegah kejadian serupa terulang kembali, Ekhel mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan fitur lapor yang ada di setiap halaman produk.

“Kami mengimbau masyarakat agar dapat melaporkan produk yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia, langsung dari fitur Laporkan yang ada di setiap halaman produk,” paparnya.

Ekhel juga menegaskan bahwa pemilik akun yang menjual surat sehat bodong sudah ditindak. “Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur.”

3. Surat sehat bebas COVID-19 beredar di berbagai e-commerce

Surat Sehat Bebas COVID-19 Dijual Online, Ini Tanggapan TokopediaSuasana sepi di Jalan Sudirman, Jakarta pada Kamis (9/4/2020). (IDN Times/Herka Yanis)

Tokopedia bukan satu-satunya marketplace yang dijadikan tempat menjual surat sehat bodong. Penjual surat tersebut juga memanfaatkan platform Shopee. Ia menjual surat sehat bodong tersebut dengan harga Rp70 ribu. Surat dibumbuhi tanda tangan dokter di RS Mitra Keluarga Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Sejauh ini, IDN Times sudah menghubungi pihak terkait namun kami belum mendapat konfirmasi apakah terjadi penyalahgunaan surat sehat di RS tersebut.

Surat sehat bebas COVID-19 banyak dicari orang karena dengan surat ini masyarakat bebas beraktivitas di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Surat tersebut menjadi bukti bahwa yang bersangkutan sudah menjalani rapid test atau tes PCR, yang berarti dia tidak menjadi carrier virus corona

Baca Juga: Polri akan Tindak Jual Beli Surat Sehat Bebas COVID-19 di Media Sosial

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya