Comscore Tracker

Heboh Jokowi Promosi Bipang Ambawang, Apa Kata Netizen?

Jubir Presiden luruskan pidato Jokowi yang disoroti warganet

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini pengguna media sosial membicarakan pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang mengajak masyarakat berbelanja online menu kuliner khas daerah. 

Dalam potongan video yang beredar, Jokowi berpidato soal larangan mudik untuk keselamatan bersama karena masih dalam situasi pandemik COVID-19. Dia kemudian masyarakat mengobati rindu terhadap kampung hidangan dengan membeli berbagai makanan khas daerah. 

"Yang rindu makan gudeg Yogyakarta, bandeng Semarang, siomai Bandung, Pempek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya tinggal pesan," kata Jokowi dalam video tersebut, seperti dikutip dari video yang diunggah akun Twitter @BosTemlen, Jumat (7/5/2021).

Yang jadi sorotan warganet adalah bipang Ambawang. Mengapa demikian?

1. Kenapa Pernyataan Jokowi soal Bipang Ambawang menjadi ramai?

Merespons potongan video itu, banyak pengguna Twitter yang turut berkomentar. Sebagian menghubungkan bipang dengan babi panggang. Salah satu akun bahkan menyisipkan sebuah restoran babi panggang Ambawang yang ada di Kalimantan.

"Babi panggang...?," tulis akun @nr_zaman.

Banyak yang mempertanyakan promosi Jokowi soal bipang. Sebab ajakan membeli makanan khas daerah itu di tengah pelaran mudik lebaran. 

Namun, masih ada beberapa netizen berkomentar mencoba untuk meluruskan pernyataan yang dimaksud Jokowi. 

"Sedikit berbagi ya ini kalau daerah saya khususnya Kalsel, untuk bipang itu sejenis makanan dari beras, ketan ataupun buah teratai (talipuk) yang disangrai. Lalu disatuin dengan gula yang dicairkan. Itu untuk Bipang sih. Mungkin itu yang dimaksud beliau. Mungkin. Kalau salah koreksi," cuit akun @EBadauh.

Baca Juga: Di Bawah Pimpinan Jokowi, Prabowo-Sandiaga Dinilai Pantas Jadi Menteri

2. Jubir Presiden luruskan maksud pernyataan Jokowi

Menanggapi pernyataan Jokowi yang ramai di Twitter, Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman angkat bicara. Dia  meluruskan maksud dari orang nomor satu di Indonesia itu, sembari mengunggah foto jajanan tradisional yang bernama bipang melalui akun Twitternya. 

"Ini Bipang atau Jipang dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. Bipang atau Jipang dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya," cuit akun twitter Fadjroel Rachman @fadjroeL.

3. Tim komunikasi presiden perlu dievaluasi

Heboh Jokowi Promosi Bipang Ambawang, Apa Kata Netizen?Juru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian (Dok. Pribadi/Kawendra Lukistian)

Melihat perbincangan yang ramai di Twitter, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Gerindra Kawendra Lukistian menyayangkan. Karena dalam ucapan lebaran, imbauan jangan mudik dan oleh-oleh khas lebaran, Jokowi menyebutkan makanan yang tidak terkait dengan kebiasaan umat Islam yaitu bipang ambawang. 

Selain itu, Kawendra juga mengatakan bahwa tim komunikasi Presiden perlu dievaluasi.

"Hal mendasar seperti ini kok gak dijagain. Kalau ditanya siapa yang salah, tentu yang membuat teks dalam pidato tersebut. Saya yakin pak presiden sebagai seorang muslim memang tidak begitu paham soal Bipang tersebut," ujar Kawendra melalui dalam keterangan resminya pada Sabtu (8/5/2021). 

Baca Juga: Amnesty Internasional: KPK Era Jokowi Alami Kemunduran

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya