Comscore Tracker

Resmi! Indonesia Batalkan Pemberangkatan Haji 2021

Menag Yaqut sebut salah satu alasannya karena pandemik 

Jakarta, IDN Times - Calon jemaah haji yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Makkah harus bersabar, lantaran pemerintah Indonesia telah menetapkan tidak ada pemberangkatan Haji 2021. Pengumuman resmi itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Kami, pemerintah, melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," kata Yaqut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenag RI, Kamis (3/6/2021).

1. Salah satu alasan pembatalan keberangkatan Haji 2021 karena pandemik

Resmi! Indonesia Batalkan Pemberangkatan Haji 2021Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Baca Juga: Pemerintah Umumkan Keputusan Pengiriman Calon Jemaah Haji Besok

Salah satu alasan pembatalan keberangkatan haji 2021, kata Yaqut, karena pandemik COVID-19 yang masih melanda dunia.

"Indonesia sudah mulai terlihat bagus penanganannya, tetapi di belahan dunia yang lain kita semua masih menyaksikan bagaimana pandemik COVID-19 masih belum bisa terkendali dengan baik," jelas Yaqut.

2. Keputusan pembatalan haji telah dikomunikasikan Kemenag dengan berbagai pihak

Resmi! Indonesia Batalkan Pemberangkatan Haji 2021Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ketika melakukan rapat kerja dengan komisi VIII pada Senin (31/5/2021) (Tangkapan layar YouTube Komisi VIII)

Menurut Yaqut, pemerintah juga telah berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait keputusan ini. Salah satunya dengan para alim ulama.

"Atas beberapa pertimbangan tersebut dan komunikasi dari hati ke hati, selain dengan Komisi VII DPR RI, kami berkomunikasi juga dengan alim ulama, pimpinan-pimpinan ormas Islam dan penyelenggara haji dan umrah," jelasnya.

3. Akses layanan ibadah haji belum dibuka oleh pemerintah Arab Saudi

Resmi! Indonesia Batalkan Pemberangkatan Haji 2021Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Selain masalah kesehatan, Yaqut mengatakan pertimbangan lainnya yaitu karena pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji 2021.

"Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud, perlu menetapkan keputusan Menteri Agama tentang pembatalan keberangkatan ibadah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 M," tutur dia.

Baca Juga: Kemenag Sulsel Minta Calon Jemaah Haji Tunggu Kebijakan Arab Saudi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya