Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Tidak Diumumkan Lagi, Jubir: Bukan Menutupi Data

Masyarakat diminta mengakses langsung situs covid19.go.id

Jakarta, IDN Times - Pemerintah kini tidak lagi mengumumkan pembaruan data kasus COVID-19 pada konferensi pers harian. Masyarakat diminta mengakses langsung informasi tentang perkembangan virus corona di Indonesia pada laman covid19.go.id.

Soal keputusan itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyatakan pemerintah tak bermaksud menutupi data. Menurutnya, perubahan itu sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

1. Pemerintah membantah ada maksud menutupi data

Kasus COVID-19 Tidak Diumumkan Lagi, Jubir: Bukan Menutupi DataProfesor Wiku Adisasmito (Dokumentasi Gugus Tugas)

Wiku mengatakan, pemerintah memang tengah mengusahakan agar masyarakat bisa mengakses data seputar COVID-19 secara langsung atau real time. Upaya itu supaya data yang diumumkan tidak berbeda antara nasional dengan di daerah.

"Tidak ada maksud untuk menutup-nutupi data, mari kita dorong transparansi publik. Dan silakan masyarakat ikut mengontrol apabila ada kondisi yang tidak sesuai dengan sebenarnya," ucap Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Kenapa Banyak Orang Percaya Teori Konspirasi COVID-19?

2. Data COVID-19 akan diumumkan di website setiap hari pukul 16.00 WIB

Kasus COVID-19 Tidak Diumumkan Lagi, Jubir: Bukan Menutupi DataKetua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube.com/BNPB Indonesia)

Wiku memastikan data perkembangan kasus virus corona di Indonesia akan terus diumumkan setiap hari. Data ditampilkan secara rutin setiap pukul 16.00 WIB di laman covid19.go.id.

"Setiap hari dan ini tergantung dari pengiriman data dari Kemenkes yang melakukan verifikasi dari seluruh data nasional yang masuk," tuturnya.

3. Masyarakat diminta untuk langsung akses data perkembangan COVID-19 di www.covid19.go.id

Kasus COVID-19 Tidak Diumumkan Lagi, Jubir: Bukan Menutupi DataPSSI datang menemui Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Rabu (22/7/2020) (Dok. IDN Times/PSSI)

Pemerintah kini memutuskan untuk tak lagi mengumumkan data perkembangan COVID-19 melalui keterangan pers. Wiku menambahkan, masyarakat bisa mengakses langsung melalui situs www.covid19.go.id atau peta sebaran.

"Di situ kami menyampaikan perkembangan kasus yang bisa diakses oleh masyarakat oleh media tentang keadaan terkini," katanya lagi.

Baca Juga: Kemenkes Buka Data, Ada 7.008 Anak Terpapar COVID-19 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya