Comscore Tracker

Vietnam Buka Lockdown Tanpa Kematian akibat COVID-19, Ini Rahasianya

Kesigapan Vietnam mendapat pujian dari dunia

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Vietnam akhirnya melonggarkan aturan karantina atau lockdown bagi warganya. Sebelumnya, negara itu memberlakukan lockdown sejak 1 April 2020 untuk menekan penyebaran pandemik COVID-19.

Selama lockdown, Vietnam mencatat 278 kasus atau lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangganya. Sebanyak 44 pasien sembuh, serta tak ada kasus kematian akibat COVID-19. 

Pada Kamis (23/4), pemerintah Vietnam pun akhinrya membolehkan warganya keluar rumah serta menggunakan transportasi publik.

1. Vietnam menindak tegas warganya agar mengikuti aturan

Vietnam Buka Lockdown Tanpa Kematian akibat COVID-19, Ini RahasianyaWarga menanti kapal feri mesi ada peraturan pemerintah mengenai pembatasan sosial saat penyebaran virus korona di provinsi Hai Duong, Vietnam, pada 7 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kham

Vietnam yang berbatasan langsung dengan Tiongkok menyegel semua pintu masuknya sejak 1 April. Semua aktivitas masyarakat dibatasi selama karantina. Pemerintah mengerahkan tentaran dan polisi buat melacak potensi penularan virus corona, serta memberlakukan denda bagi warga yang menyebarkan informasi hoaks di media sosial.

Dengan penindakan tegas, Vietnam pun berhasil menekan angka kematian dan penyebaran virus corona di negaranya. Langkah yang terbilang efektif, tapi tidak mudah ditiru.

Baca Juga: Dilanda COVID-19, Warga Miskin Vietnam Dapat Beras Gratis Lewat ATM

2. Pemerintah tetap larang pertemuan di atas 20 orang

Vietnam Buka Lockdown Tanpa Kematian akibat COVID-19, Ini RahasianyaPixabay/InstagramFOTOGRAFIN

Pemerintah Vietnam memang sudah membolehkan warganya beraktivitas sejak Kamis (23/4). Mereka bisa menggunakan transportasi dan menggelar pertemuan kecil.

Namun, masyarakat setempat tetap harus mengenakan masker. Pertemuan yang melibatkan lebih dari 20 orang juga dilarang. Adapun sekolah-sekolah dan penerbangan internasional juga belum dibuka.

"Banyak bagian dunia masih terinfeksi, jadi risikonya belum berakhir untuk kita," kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc yang dikutip dari LA Times.

3. Vietnam mendapat pujian karena berhasil menekan penyebaran virus corona

Vietnam Buka Lockdown Tanpa Kematian akibat COVID-19, Ini Rahasianyainstagram

Sejak pemerintah memberlakukan lockdown nasional pada 1 April, Vietnam hanya terlihat sedikit peningkatan dalam kasus virus corona.

Jumlahnya sangat rendah mengingat bahwa Vietnam, yang memiliki perbatasan dengan Tiongkok, tidak memiliki sumber daya yang melimpah untuk menekan laju pandemik global ini.

Atas keberhasilan Vietnam menekan angka penyebaran virus corona itu, tidak ada provinsi di Vietnam yang sekarang dipandang sangat rentan terhadap pandemik ini.

Vietnam telah mendapatkan pujian karena bisa menekan pasien COVID-19 semakin meluas meski pun mereka termasuk negara yang kurang kaya secara perekonomian dibandingkan tempat lain yang dianggap relatif sukses seperti Korea Selatan dan Taiwan.

4. Vietnam membuka data cara menekan penyebaran virus corona di perbatasan

Vietnam Buka Lockdown Tanpa Kematian akibat COVID-19, Ini RahasianyaSejumlah perawat memakai pelindung saat berbicara dengan pengunjung di bagian penerimaan Rumah Sakit (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Menurut data yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Vietnam pada hari Rabu, Vietnam telah melakukan 180.067 tes dan mendeteksi hanya 268 kasus, 83 persen di antaranya dikatakan telah pulih. Tidak ada kematian yang dilaporkan.

Angka-angka ini setara dengan hampir 672 tes untuk setiap kasus yang terdeteksi, menurut situsweb Our World in Data.

Vietnam pun akhirnya membuka datanya ke publik. Mereka menyebut telah melakukan penguncian ketat terhadap sebuah kota berpenduduk 7.600 orang di provinsi pegunungan utara Ha Giang, dekat perbatasan dengan Tiongkok, setelah satu kasus terdeteksi di sana pada bulan ini. Sementara itu, 2 desa dengan populasi gabungan 12.000 orang di pinggiran ibu kota Hanoi, akan tetap dikunci.

Baca Juga: [OPINI] Rahasia Kesuksesan Vietnam Redam Penyebaran Virus Corona

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya