Comscore Tracker

Target 65 Persen Suara di Jawa Barat, TKN akan Gempur Habis-habisan

Ada 10 wilayah yang diincar kubu Jokowi, termasuk Jawa Barat

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin membuat daftar daerah-daerah yang menjadi prioritas mereka untuk menaikkan suara. Ada 10 daerah yang menjadi prioritas kubu Jokowi.

Maman Imanulhaq, selaku Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma'ruf mengungkap, dari 10 daerah itu, tiga di antaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Khusus di Jawa Barat, TKN menargetkan suara di atas 50 persen, meski diwarnai bayang-bayang kekalahan Jokowi di Pemilihan Presiden 2014. 

1. Maman: ini pertarungan sangat berat

Target 65 Persen Suara di Jawa Barat, TKN akan Gempur Habis-habisanIDN Times/Dokumen Pribadi

Maman mengatakan bahwa relawan harus bergerak sistematis, masif, dan militan untuk "menggarap" 10 wilayah itu. Dia menilai, bahwa Pemilihan Presiden 2019 merupakan pertarungan yang sangat berat. 

"Lawan isu dan kebohongan pihak lawan dengan menunjukan prestasi Jokowi dan solusi yang ditawarkan capres-cawapres nomor 01," kata Maman.

Baca Juga: Aliansi Relawan Jokowi Pilih Kampanye door to door untuk Tepis Hoaks

2. Relawan rebut suara dengan cara door to door

Target 65 Persen Suara di Jawa Barat, TKN akan Gempur Habis-habisanIDN Times/Panji Galih Aksoro

Survei internal, kata Maman, menunjukkan bahwa persentase pasangan Jokowi-Ma'ruf di ketiga daerah tersebut memang belum maksimal. Menurutnya, isu "Jokowi PKI dan anti-Islam" akan terus digoreng oleh pihak tertentu di tiga daerah tersebut.

Untuk itu, Maman pun meminta agar para relawan pun dianjurkan untuk door to door guna memenangkan suara dan menghilangkan isu tersebut.

3. TKN targetkan 65 persen suara di Jawa Barat

Target 65 Persen Suara di Jawa Barat, TKN akan Gempur Habis-habisanANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Maman menegaskan, Jokowi-Ma'ruf harus bisa memenangkan suara Jawa Barat di Pilpres 2019. Saat ini, imbuhnya, ada sejumlah kepala daerah yang mendukung Jokowi-Ma'ruf sehingga akan mempermudah upaya pemenangan.

"Kekalahan di Pilpres 2014 jangan terulang. Jawa Barat, kita harus menang 65 persen, DKI dan Banten akan kita gempur dengan gerakan teritorial. Semua harus bergerak," ungkap Maman.

4. Redam isu PKI di Jawa Barat, TKD mendatangi tokoh

Target 65 Persen Suara di Jawa Barat, TKN akan Gempur Habis-habisanIDN Times/Irfan Fathurohman

Untuk menangani isu PKI atau Partai Komunis Indonesia, TKN menggandeng Tim Kampanye Daerah (TKD). Di Jawa Barat, TKN akan mendatangi tokoh masyarakat setempat, termasuk kiai. 

"Saya kira itu penting silaturahim, khusus Pak kiai dalam perspektif Islam," jelas Deddy, beberapa waktu lalu.

Menurut Deddy, TKN dan TKD akan intens memulai gerakan  pada Januari mendatang. Sebelum itu, tim akan melakukan pemetaan wilayah. 

Baca Juga: Ini Aksi Timses Jokowi Redam Isu PKI di Jawa Barat

5. Di Pilpres 2014, Jokowi hanya menang di 4 kabupaten/kota

Target 65 Persen Suara di Jawa Barat, TKN akan Gempur Habis-habisanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Di Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, menghadapi Prabowo Subianto yang menggandeng Hatta Rajasa. 

Meski Jokowi-JK menang secara nasional, namun Prabowo-Hatta Rajasa unggul di Jawa Barat dengan 59,78 persen--berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi di Komisi Pemilihan Umum. Sementara itu, Jokowi-JK hanya meraup 9.530.315 suara atau 40,22 persen.

Pasangan Prabowo-Hatta menang di 22 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sedangkan, Jokowi-JK harus puas dengan keunggulan di hanya empat kabupaten/kota, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon. 

Baca Juga: Kunjungi Jawa Timur, Prabowo Kejar Ketertinggalan Suara Pilpres 2014

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You