Comscore Tracker

Lukman Tak Diajukan Lagi ke Jokowi, PPP: Kami Anut Prinsip Gantian

Lukman akan diberi penugasan lain, apa ya?

Bogor, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kemungkinan besar tidak lagi mengajukan nama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di periode kedua Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Kemungkinan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani usai PPP bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, pada Selasa (9/7). Lalu, apa alasannya?

Baca Juga: Polemik Menag, Antara Uang Dolar di Laci Kerja dan Penghargaan KPK

1. PPP akan beri kesempatan untuk kader lain

Lukman Tak Diajukan Lagi ke Jokowi, PPP: Kami Anut Prinsip GantianIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Arsul mengatakan pihak PPP yang dipersilakan mengajukan jatah kursi kabinet, tak lagi menyantumkan nama Menag Lukman. Sebab, partai berlambang Ka'bah itu ingin memberi kesempatan kepada kader lainnya.

"Kami ini cenderung menganut prinsip gantian gitu ya. Jadi ini setuju semua kalau soal prinsip. Tentu ya di antara kami yang ada di sini, yang menjadi calon-calon menteri yang nanti segera oleh Pak Ketum akan diajukan ke Pak Jokowi," kata Arsul.

2. PPP beri Lukman tugas lain

Lukman Tak Diajukan Lagi ke Jokowi, PPP: Kami Anut Prinsip GantianANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kendati tak diusulkan lagi mengisi kursi di kabinet, Arsul berkata bahwa nantinya Lukman akan diberi penugasan lain dari partai. Dan tidak menutup kemungkinan berada di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Tapi sebagai partai kader, kami juga harus berikan kesempatan kader lain untuk bisa duduki jabatan-jabatan di pemerintahan," ungkap Arsul.

3. PPP akan segera gelar Mukernas

Lukman Tak Diajukan Lagi ke Jokowi, PPP: Kami Anut Prinsip GantianIDN Times/Denisa Tristiany

Nama-nama yang akan diajukan PPP untuk masuk dalam lingkaran kabinet, terang Arsul, kemungkinan akan ditentukan pada saat musyawarah kerja nasional PPP.

"Segera tentu kami setelah ini, apalagi kebetulan PPP tanggal 19-20 Juli akan mengadakan musyawarah kerja nasional. Tidak tertutup kemungkinan nanti di Mukernas akan ada rekomendasi dari jajaran PPP, para dewan pimpinan wilayah yang berkumpul akan mengusulkan nama-nama. Soal nama siapa ya nanti kita lihat gitu," lanjut dia.

Baca Juga: Fakta Baru, Menag Lukman Terima US$30 Ribu dari Kedutaan Saudi

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You