Pengembangan Pesawat Habibie Dihapus dari PSN, Diganti Proyek Drone

Jokowi setujui 89 proyek baru yang bernilai Rp1.422 triliun

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memutuskan untuk menghapus dua proyek pengembangan pesawat, yakni R80 dan N245, dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebaliknya, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah menambahkan tiga proyek drone atau pesawat tanpa awak dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020-2024 ini.

Dari 245 usulan proyek strategis, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menyetujui 89 proyek masuk ke dalam PSN. Dari 89 PSN itu, ada sejumlah proyek yang ditambahkan, juga digantikan.

Baca Juga: Airlangga: 89 Proyek Strategis yang Disetujui Jokowi Senilai Rp1.422 T

1. Proyek Habibie diganti dengan tiga proyek drone

Pengembangan Pesawat Habibie Dihapus dari PSN, Diganti Proyek DroneMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Salah satu yang dihapus adalah proyek pesawat yang direncanakan oleh BJ Habibie, R80. Pesawat N245 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) juga menggunakan konsep pesawat jarak dekat rancangan Habibie.

"Terkait dengan 3 proyek drone. Di mana 3 proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245. Sehingga dialihkan menjadi teknologi drone yang dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang, dan pengembangannya sudah dimulai oleh PTDI," jelas Airlangga usai rapat terbatas, Jumat (29/5).

2. Jokowi menyetujui 89 proyek baru yang bernilai Rp1.422 triliun

Pengembangan Pesawat Habibie Dihapus dari PSN, Diganti Proyek DroneDok. Biro Pers Kepresidenan

Dalam rapat terbatas hari ini, Airlangga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi menyetujui 89 PSN baru. Dari 89 PSN yang disepakati, 56 proyek di antaranya adalah usulan baru.

Sementara, 10 proyek merupakan proyek perluasan dari PSN sebelumnya, 15 proyek dikelompokkan sebagai program pemerintah baru, dan 8 proyek masuk dalam sektor ketenagalistrikan.

"Dari 245 project, 89 direkomendasikan sebagai PSN baru dan PSN baru ini (bernilai) sebesar Rp1.422 triliun," sebut Airlangga.

3. Pada 2017, Habibie sambut baik saat proyek pengembangan pesawatnya diusulkan masuk PSN

Pengembangan Pesawat Habibie Dihapus dari PSN, Diganti Proyek DroneInstagram/b.jhabibie

Proyek pengembangan pesawat R80 yang sempat masuk dalam PSN ini dikerjakan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), yang merupakan perusahaan bentukan Habibie bersama putranya, Ilham Akbar Habibie. Sementara proyek pesawat N245 digarap oleh PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kedua pesawat tersebut dirancang menjadi pesawat penumpang sepenuhnya, dan digunakan dalam penerbangan jarak menengah. Investasi untuk pengembangan kedua proyek pesawat tersebut diperkirakan sebesar 180-200 juta dolar AS atau sekitar Rp2,6 triliun.

Semasa hidup pada 2017 lalu, Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie sempat menyambut baik usulan Kementerian Perindustrian yang ingin menjadikan pengembangan pesawat R80 sebagai proyek strategis nasional. Dengan potensi dan kapasitas ekonomi domestik yang besar, menurut Habibie, kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap pesawat dan produk dirgantara lainnya akan terus meningkat setiap tahun.

Baca Juga: 70 Persen Pesawat Garuda Indonesia Tak Bisa Terbang Akibat Pandemik

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya