Comscore Tracker

77 Orang Terinfeksi COVID-19 di Acara Rizieq Shihab

Satgas minta massa yang hadir segera periksa kesehatan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah orang yang ikut berkerumun pada kegiatan yang digelar pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, terkonfirmasi positif terjangkit virus corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo. 

Doni pun meminta agar setiap orang yang terlibat di kerumunan tersebut proaktif memeriksakan diri ke puskesmas terdekat.

"Data yang diterima Satgas, per Kamis sore 19 November, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang," kata Doni dalam keterangannya, Jumat (20/11/2020).

Dari 15 orang tersebut, jelas Doni, ada 7 di antaranya positif COVID-19, termasuk Lurah Petamburan. Sementara data pada Jumat sore, 20 November, dari 559 orang yang diperiksa terkait Klaster Mega Mendung, 20 orang di antaranya positif COVID-19.

"Laporan lain, terdapat 50 orang positif COVID-19 yang mayoritas berdomisili di sekitar Tebet," kata Doni. Sehingga total ada 77 orang yang positif COVID-19.

1. Orang-orang yang hadir pada kegiatan Rizieq diminta segera melapor ke ketua RT dan ketua RW

77 Orang Terinfeksi COVID-19 di Acara Rizieq ShihabKepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Doni berharap masyarakat yang ikut menjemput Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta, mengikuti kegiatan Maulid Nabi di Tebet dan Mega Mendung, serta acara terakhir di Petamburan, segera melaporkan diri kepada ketua RT dan ketua RW untuk dilakukan tracing.

"Pemeriksaan di puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini," jelas Doni.

Bagi warga yang terkonfirmasi positif dari hasil swab, kata Doni, mereka akan segera diisolasi di fasilitas pemerintah. "Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke puskesmas, demi memutus mata rantai penularan untuk keselamatan bersama," kata Doni.

Doni mengatakan pihaknya telah telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten dan Jabar.

Baca Juga: Satpol PP Minta Baliho Rizieq Shihab dan FPI Segera Diturunkan

2. Doni ingatkan masyarakat COVID-19 bukan konspirasi

77 Orang Terinfeksi COVID-19 di Acara Rizieq ShihabKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Doni kembali mengingatkan bahwa COVID-19 adalah ancaman nyata dan bukan konspirasi atau rekayasa. Dia menjelaskan yang sering menjadi korban yaitu para lansia, komorbid seperti hipertensi, diabetes, jantung, ginjal dan sejumlah penyakit penyerta lainnya.

"Cara penularannya melalui droplet dan juga aerosol, yaitu udara yang keluar pada saat kita berbicara. Makanya kita selalu diminta untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan juga sering mencuci tangan supaya tangan kita tidak menyentuh bagian dari wajah. Ini yang harus kita perhatikan," kata Doni.

3. Hasil klaster Petamburan akan terlihat hingga 14 hari ke depan

77 Orang Terinfeksi COVID-19 di Acara Rizieq ShihabMassa menunggu kedatangan Rizieq Shihab di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan hingga saat ini Satgas masih belum bisa memastikan berapa jumlah pasti yang terinfeksi virus corona dari klaster Petamburan. Sebab, hasilnya akan terlihat hingga 14 hari ke depan.

"Kita belum bisa menentukan hal tersebut. Analisis bisa kita lakukan kurang lebih 10-14 hari, kemudian dengan pertimbangan waktu perkembangan riwayat alamiah penyakit," kata Wiku saat dihubungi IDN Times, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Wiku: Kesembuhan COVID-19 di Indonesia Turun dalam 3 Pekan Terakhir

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya