Comscore Tracker

Ketua MK: Kami Beda dan Hanya Takut pada Allah SWT

Hal itu diungkap pada sidang perdana sengketa Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menegaskan hakim konstitusi pasti akan berlaku adil dan independen dalam menangani perkara, termasuk Sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu ia tegaskan saat membuka sidang perdana sengketa Pilpres, Jumat (14/6).

Hadir dalam sidang perdana itu tim pemohon--yakni Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Selain itu, tampak juga Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, KPU, dan Bawaslu.

"Kami tidak takut pada siapapun. Kami hanya tunduk pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan konstitusi sesuai dengan sumpah kami," kata Anwar di ruang sidang.

Sidang digelar setelah permohonan dari pemohon pasangan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, diterima MK pada 25 Mei 2019.

Kemudian, ia pun menjelaskan bahwa MK adalah lembaga independen dan tidak bisa diintervensi. "Kami berbeda, dan hanya takut pada Allah SWT," ucapnya.

Sidang perdana kali ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB, di Ruang Sidang Pleno Gedung MK. Ada pun agenda pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan.

Baca Juga: Semua Komisioner KPU Turun untuk Jawab Gugatan Prabowo-Sandi di MK

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya