Comscore Tracker

Jokowi Ingin Vaksinasi Guru Jadi Prioritas agar Sekolah Dibuka

Pemerintah menargetkan 5 juta guru menerima vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Rabu (24/2/2021), meninjau vaksinasi perdana tenaga pendidikan di SMA Negeri 70 Jakarta. Dia didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Hari ini vaksinasi untuk tenaga pendidik dan pendidikan telah dimulai dan saya tadi menyaksikan semuanya berjalan lancar," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Baca Juga: Kemenko PMK: Pembelajaran Jarak Jauh Berdampak Negatif pada Anak

1. Guru dapat prioritas vaksin agar proses belajar mengajar bisa segera dimulai

Jokowi Ingin Vaksinasi Guru Jadi Prioritas agar Sekolah DibukaIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sela peninjauan, Jokowi mengungkapkan keinginannya agar guru atau tenaga pendidik jadi prioritas vaksiansi. Itu agar proses belajar mengajar bisa segera berlangsung secara tatap muka. Selama pandemik COVID-19, hampir semua kegiatan belajar-mengajar digelar via daring.

"Karena tenaga pendidik, atau kependidikan, guru ini kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan," ujar Jokowi.

2. Pemerintah targetkan vaksinasi 5 juta guru

Jokowi Ingin Vaksinasi Guru Jadi Prioritas agar Sekolah DibukaInfografis Penerima Vaksin Tahap Dua (IDN Times/Sukma Shakti)

Jokowi menyebut target pemerintah yakni vaksinasi terhadap 5 juta guru dan tenaga pendidik. Dia berharap target terpenuhi, sehingga pembelajaran tatap muka bisa dimulai pada Juli mendatang.

"Targetnya pada bulan Juni, nanti 5 juta guru dan tenaga pendidik dan kependidkan semuanya. Insya Allah semuanya sudah bisa kita selesaikan. Sehingga di bulan Juli saat ajaran baru bisa berjalan dengan normal kembali," ucap dia.

3. Jokowi ingin proses vaksinasi kepada guru di wilayah-wilayah lain segera dilakukan

Jokowi Ingin Vaksinasi Guru Jadi Prioritas agar Sekolah DibukaPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Setelah proses vaksinasi kepada guru di DKI Jakarta dilakukan, Jokowi berharap proses vaksinasi kepada guru dan tenaga pendidik itu juga bisa segera dilakukan di wilayah-wilayah lainnya.

"Para guru, tenaga pendidik semuanya telah, yang di sini prosesnya telah dimulai, dan kita harapkan nanti setelah Provinsi DKI Jakara, semua provinsi juga melakukan hal yang sama," harap Jokowi.

Baca Juga: Pembelajaran Jarak Jauh Picu Anak Rentan Alami Eksploitasi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya