Jokowi: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa, Warga dapat Bantuan Rp50 Juta

Bagi yang rumah rusak sedang dan ringan juga dapat bantuan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berjanji akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi setelah meninjau gedung-gedung pemerintahan yang rusak dan tempat pengungsian warga korban gempa.

Dalam keterangannya, Jokowi menyampaikan, pemerintah akan segera memberikan bantuan kepada masyarakat. Untuk rumah penduduk yang rusak berat akan mendapatkan bantuan Rp50 juta, untuk rusak sedang dapat Rp25 juta, sementara yang rusak ringan akan mendapatkan Rp10 juta.

"Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat, pemulihan kembali, baik rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan pelayanan di pemerintahan, di birokrasi juga akan kembali normal," kata Jokowi dalam keterangan persnya seperti disiarkan di channel YouTube Kompas TV, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat Pagi Ini 

1. Gedung-gedung pemerintahan yang rusak juga segera dibangun

Jokowi: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa, Warga dapat Bantuan Rp50 JutaPresiden Jokowi meninjau Kantor Gubernur di Mamuju, Sulawesi Barat (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini pergi ke lokasi-lokasi terdampak gempa, salah satunya Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang telah rusak. Usai meninjau, ia mengatakan, pemerintah akan segera memberikan bantuan agar gedung-gedung pemerintahan yang rusak bisa lekas dibangun.

"Untuk tadi saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," ujar Jokowi.

2. Tercatat 81 orang meninggal, 1.150 unit rumah dan 15 unit sekolah rusak akibat gempa

Jokowi: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa, Warga dapat Bantuan Rp50 JutaBangunan yang roboh akibat gempa bumi magnitudo 6,2 di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, data terbaru korban meninggal akibat gempa Magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat bertambah menjadi 81 orang di Kabupaten Mamuju dan Majene.

"(Sebanyak) 70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Pengendali Operasi BNPB pada Minggu (17/1/2021) pukul 20.00 WIB, tercatat ada beberapa kerugian akibat gempa, antara lain 1.150 unit rumah dan 15 unit sekolah rusak.

Sampai saat ini, BPBD Kabupaten Majene, BPBD Kabupaten Mamuju, dan BPBD Kabupaten Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan mendirikan tempat pengungsian berkoordinasi dengan TNI/Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas, relawan, dan instansi terkait dalam upaya mencari korban terdampak gempa.

3. Bantuan telah disalurkan BNBP

Jokowi: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa, Warga dapat Bantuan Rp50 JutaKementerian Sosial menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Dok. Kemensos)

Untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, BNBP menyalurkan bantuan logistik ke Kelurahan Malunda, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene berupa 140 dus mi instan dan 10 dus air mineral pada Minggu (17/1/2021).

Bantuan yang telah didistribusikan berupa delapan set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, lima unit lampu menara, 200 unit velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 masker kain, 700 pak mi sagu, dan 30 unit generator set 5 KVA.

BNPB juga telah menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempa Sulawesi Barat Rp4 miliar pada Sabtu (16/1/2021). Bantuan tersebut diserahkan Rp2 miliar untuk Provinsi Sulawesi Barat dan masing-masing Rp1 miliar untuk Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

Baca Juga: Cerita Marlina ASN Sulbar Melahirkan di Pengungsian Gempa Mamuju

Topik:

  • Sunariyah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya