Jokowi Lantik Mendikbudristek, Menteri Investasi, Kepala BRIN Hari Ini

Bahlil disebut akan jadi Menteri Investasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengumumkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Investasi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (28/4/2021). Rencananya, hari ini pelantikan ketiganya akan digelar pada pukul 15.30 WIB.

Sebelumnya, sumber IDN Times juga menyebut bahwa Bahlil Lahadalia akan menjadi Menteri Investasi. Sementara, untuk Mendikbudristek kemungkinan besar masih akan dipimpin oleh Nadiem Makarim.

"Bahlil (Menteri) Investasi," kata sumber IDN Times, Selasa (26/4/2021).

1. Ketua LIPI Laksana Tri Handoko akan jadi Kepala BRIN

Jokowi Lantik Mendikbudristek, Menteri Investasi, Kepala BRIN Hari IniKepala LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. (lipi.go.id)

Menurut sumber IDN Times itu, Jokowi juga telah menunjuk Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

"Iya (Laksana Tri Handoko jadi Kepala BRIN)," ucapnya.

Baca Juga: Profil Bambang Brodjonegoro, Menristek BRIN yang Beri Sinyal Pamit

2. DPR setujui pembentukan Kementerian Investasi dan peleburan Kemendikbudristek

Jokowi Lantik Mendikbudristek, Menteri Investasi, Kepala BRIN Hari IniANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebagaimana diketahui, Rapat Paripurna DPR RI menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Kementerian ini diharapkan bisa meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Keputusan itu menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

"Kami akan menanyakan apakah hasil keputusan Rapat Pengganti Bamus terhadap Surat Presiden terkait pertimbangan dan pembentukan kementerian dapat disetujui," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (9/4/2021) dilansir dari ANTARA.

Selain pembentukan Kementerian Investasi, seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna DPR tersebut juga menyetujui penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nantinya, nama Kemendikbud akan diubah menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi.

3. Bambang Brodjonegoro ungkap kesedihan jadi Menristek terakhir

Jokowi Lantik Mendikbudristek, Menteri Investasi, Kepala BRIN Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan kesedihan yang dirasakannya karena akan menjadi Menristek terakhir yang ada di Indonesia.

Hal ini terkait dengan keputusan presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menggabungkan Kemenristek dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak Jumat, 9 April 2021.

"Secara pribadi saya juga merasa tidak enak, merasa sedih, karena boleh dibilang saya menjadi Menristek terakhir karena Ristek tidak lagi sebagai Kementerian yang berdiri sendiri seperti dulu," kata Bambang dalam diskusi virtual di kanal YouTube IABIE pada Minggu (11/4/2021).

Peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud merupakan konsekuensi dari keputusan untuk menjadikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadi lembaga sendiri.

Seperti diketahui, selama ini Menristek Bambang juga menjabat sebagai Kepala BRIN dimana status BRIN menjadi badan yang dijalankan Kemenristek sehingga selalu menempel dengan Kemenristek atau biasa dikenal dengan tulisan Kemenristek/BRIN.

Bambang secara terbuka mengatakan ada pihak yang menginginkan bahwa BRIN harus dipisah. "Dan BRIN nya katanya harusnya merupakan organisasi yang melakukan penelitian secara konkret," ujar Bambang.

Meski keputusan yang diambil akhirnya adalah memisahkan BRIN dari Kemenristek, Bambang mengaku sempat mengusulkan agar Kemenristek tetap berdiri dan digabung dengan Pendidikan tinggi atau kembali menjadi Ristekdikti.

"Karena di situlah sebenarnya Kombinasi yang baik. Karena Dikti, pendidikan tinggi itu memang heavy-nya di research dan lembaga riset tentunya dengan perguruan tinggi adalah tadi komponen-komponen utama yang bisa melakukan kegiatan ilmu pengetahuan teknologi dan Inovasi di Indonesia," kata Bambang menjelaskan.

"Tapi rupanya usulan saya bukan usulan yang diambil, yang diputuskan diambil adalah yang digabungkan ke Dikbud," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Ketua LIPI Laksana Tri Handoko Jadi Kepala BRIN?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya