Comscore Tracker

Ngobrol dengan Guru, Jokowi Bahas Sekolah Tatap Muka

"Kalau anak terpapar COVID, ya semuanya menjadi salah"

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berbincang lewat panggilan video dengan seorang guru asal padang, Sumatera Barat. Kepada guru bernama Rika Susi Waty, Jokowi membahas soal sulitnya menggelar pendidikan tatap muka di masa pandemik.

Menurut Presiden, alangkah baik jika sekolah tatap muka. Tapi kegiatan itu dianggap terlalu berisiko.

"Masa pandemik seperti ini memang risikonya kalau nanti anak terpapar COVID, ya semuanya menjadi salah," kata Jokowi dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/9/2020).

Baca Juga: Jokowi: Standar Normalitas Baru Harus Diterapkan di Perguruan Tinggi

1. Guru SMP menceritakan pengalaman pendidikan jarak jauh kepada Jokowi

Ngobrol dengan Guru, Jokowi Bahas Sekolah Tatap MukaDok. Biro Pers Kepresidenan

Saat mengobrol, Jokowi menanyai Rika soal aktivitas belajar mengajar selama pandemik. Rika merupakan guru matematika yang mengajar di SMP Negeri 7 Padang.

"Kita sudah enam bulan kegiatan belajar anak-anak ini lewat cara belajar online sampai sekarang. Bagaimana menurut Ibu?" tanya Jokowi.

Rika, yang juga menjabat sebagai Wakil Bidang Kesiswaan di sekolahnya, memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Tapi karena pembelajaran daring, dia agak kesulitan memantau perkembangan anak didiknya.

"Kita gak bisa memantau anak itu mampu atau tidak ya. Karena kita gak bisa (bertemu) langsung begitu, Pak," jawab Rika.

2. Masih ada beberapa siswa yang tak miliki gawai untuk pendidikan jarak jauh

Ngobrol dengan Guru, Jokowi Bahas Sekolah Tatap MukaIDN Times/Debbie Sutrisno

Jokowi lantas menanyakan apakah seluruh siswa atau orang tua mereka memiliki perangkat telekomunikasi untuk pendidikan jarak jauh. Rika menjawab, ada beberapa anak didiknya mulanya tidak dapat mengikuti pembelajaran daring oleh karena ketiadaan gawai.

Solusinya, kata Rika, pihak sekolah mencarikan solusi dan memfasilitasi para siswa tersebut untuk dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki sekolah.

"Kebetulan kita data betul anaknya, terus kita cek anaknya ke rumah. Memang tidak mampu. Jadi kita fasilitasi ke sekolah, Pak. Pakai komputer sekolah. Ada beberapa orang, gak banyak," tuturnya.

3. Jokowi ingin para siswa tetap semangat belajar di tengah pandemik

Ngobrol dengan Guru, Jokowi Bahas Sekolah Tatap MukaDok. Biro Pers Kepresidenan

Lebih lanjut, pria kelahiran Solo ini menyampaikan, memotivasi anak untuk tetap semangat belajar di tengah pandemik merupakan hal yang penting untuk terus dilakukan.

"Yang paling penting memang bagaimana memotivasi anak agar semangat belajar dalam masa pandemi ini tetap pada posisi yang baik," kata Jokowi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Rp1 Jutaan untuk Anak Sekolah, Bantu Belajar di Rumah

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya