Comscore Tracker

238 WNI yang Diobservasi di Natuna Dipastikan Bebas Corona

Pemerintah menjalankan standar observasi WHO

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan, prosedur observasi 238 WNI di Kepulauan Natuna selama dua pekan, sudah sesuai standar organisasi kesehatan dunia WHO. Untuk itu, dia meminta masyarakat tak perlu takut.

"Dikit-dikit takut, lha tidak lah. Semua proses protokoler sudah dilakukan, terima apa adanya, tidak ada masalah," kata Jokowi di Yogyakarta pada Jumat (14/2).

Lalu, yakinkah mantan Gubernur DKI Jakarta itu terhadap hasil observasi selama dua pekan di sana?

1. Observasi 238 WNI yang diboyong dari Hubei ke Natuna mengikuti prosedur yang diterapkan oleh WHO

238 WNI yang Diobservasi di Natuna Dipastikan Bebas CoronaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi menyampaikan, ratusan WNI di Natuna yang diboyong dari Provinsi Hubei, Tiongkok telah melalui proses protokoler kesehatan sesuai yang diterapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Proses protokoler itu sudah dilakukan secara ketat di mana pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap dua kali dalam sehari. 

"Karantina di Natuna juga di sana ketat diawasi, dicek, harian dicek. Sudah memang sekarang 14 hari, memang protokolnya seperti itu," ungkapnya. 

Baca Juga: Daftar WNI di Natuna yang Dipulangkan Besok, Sulsel 17 Orang

2. Kondisi WNI yang diobservasi di Natuna baik-baik saja

238 WNI yang Diobservasi di Natuna Dipastikan Bebas CoronaPresiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 11 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sesuai dengan prosedur yang ada, masa observasi terhadap WNI yang dipulangkan dari Tiongkok akan berakhir pada Sabtu (15/2) besok. Jokowi berharap agar masyarakat bisa menerima mereka apa adanya. Pemerintah menjamin ratusan WNI yang sudah diobservasi selama dua pekan dinyatakan sehat. 

"Sekarang mereka kembali ke masyarakat, sekarang itu dipastikan memang prosedur sudah dilalui dan masyarakat memang menerima apa adanya karena sudah 14 hari dan tidak ada masalah," tutur dia. 

3. Setelah menjalani masa observasi, 238 WNI di Natuna segera dipulangkan

238 WNI yang Diobservasi di Natuna Dipastikan Bebas CoronaRatusan WNI yang menjalani observasi di Natuna rutin melakukan olahraga pagi. Twitter.com/KemenkesRI

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto memastikan, pemerintah akan memulangkan 238 warga negara Indonesia (WNI) yang telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau, setelah pemulangan dari Wuhan, Tiongkok. Observasi ini dilakukan untuk mengetahui dan memastikan mereka benar-benar terbebas dari wabah virus corona, yang sudah mematikan lebih dari 1.400 orang itu. 

"Kami rapat dan diputuskan observasi diakhiri pada 15 Februari," kata Yuri di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, pada Kamis (13/2).

Yuri mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu cemas tertular virus corona dari mereka yang baru menjalani observasi virus corona di Natuna. Karena sejak awal pemulangan dari Tiongkok, mereka tidak mengalami atau menunjukkan gejala sakit. Bahkan, mereka telah menjalani observasi 14 hari.

"Tidak ada yang perlu dibatasi karena mereka sehat. Mereka akan langsung pulang ke rumah masing-masing," ucapnya. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Warga Sulsel yang Dikarantina di Natuna Dipastikan Baik-baik Saja

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya