Istana: Keadaan Habibie Membaik Pagi Ini

Ada 44 dokter yang siap merawat Habibie

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie (BJ Habibie) tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Terkait keadaan Habibie tersebut Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengatakan keadaan Habibie pagi ini membaik.

"Alhamdulillah tadi pagi saya mendapat berita dari kabag bagian kesehatan menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan, Prof dr Arsil Sani bahwa kondisi beliau (Habibie) membaik," terang Setya, Senin (9/9). 

Baca Juga: Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Habibie di RSPAD

1. Sebanyak 44 dokter siap merawat Habibie

Istana: Keadaan Habibie Membaik Pagi IniIDN Times/Lia Hutasoit

Menurut Pratikno, saat ini, Istana juga memiliki 44 dokter kepresidenan yang siap siaga merawat para presiden, wakil presiden, mantan presiden, dan mantan wakil presiden ketika dibutuhkan.

"Tim panel ini kapanpun dibutuhkan, dikontak oleh katakan ajudan mantan presiden atau mantan wapres, siap sedia. Kemudian akan dikirim tim ahli ke sana (RSPAD)," jelasnya.

2. Pemerintah akan menanggung biaya perawatan Habibie

Istana: Keadaan Habibie Membaik Pagi IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pratikno menuturkan, pemerintah menanggung biaya perawatan Habibie sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan dan Administrasi bagi Presiden dan Wakil Presiden.

"Memberikan pembiayaan menyeluruh kepada mantan presiden dan mantan wapres. Dalam hal ini juga di-cover pemerintah seluruhnya. Pembiayaan di manapun Beliau dirawat," kata Setya.

3. Berapa lama pun perawatan, biaya ditanggung seluruhnya

Istana: Keadaan Habibie Membaik Pagi IniIDN Times/Lia Hutasoit

Terkait berapa lama Habibie akan dirawat, Setya mengaku belum mengetahuinya. Ia mengatakan berapa lama Habibie dirawat, pemerintah tetap akan menanggung seluruh pembiayaan.

"Kita akan meng-cover semua pembiayaan terkait itu. Karena sesuai dengan UU dan Perpres yang berlaku, kita menjamin semua biaya perawatan presiden maupun mantan presiden beserta keluarganya," tuturnya.

Baca Juga: BJ Habibie Dirawat Intensif di RSPAD, Ini Riwayat Penyakitnya 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya