Comscore Tracker

Pemikiran dan Gagasan BJ Habibie Demi Indonesia yang Lebih Baik

Pesan itu dia sampaikan kepada tokoh Suluh Kebangsaan

Jakarta, IDN Times - Indonesia kehilangan salah satu teknokratnya, Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ke-3 Republik Indonesia yang biasa disapa BJ Habibie itu meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

Tak hanya sebagai presiden dan teknokrat, jasa BJ Habibie bagi bangsa ini juga besar kepada dunia pers pada permulaan reformasi. Di awal Mei 2019, sejumlah tokoh Suluh Kebangsaan datang ke kediaman BJ Habibie untuk meminta masukan tentang isu-isu yang berkembang di negeri ini.

Dalam pertemuannya, Habibie pun menyampaikan beberapa pemikirannya dan gagasannya. Ia mengatakan, demi masa depan Indonesia yang baik, maka negeri ini harus meningkatkan sumber daya manusia (SDM), seperti negara-negara maju lainnya.

1. Habibie sebut masa depan bangsa harus mengandalkan SDM, seperti Singapura

Pemikiran dan Gagasan BJ Habibie Demi Indonesia yang Lebih BaikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Masa depan suatu bangsa, menurut Habibie, tergantung pada SDM. Habibie mencontohkan Singapura. 

"Dia (Singapura) punya SDM, tapi dia bisa mengatasi banyak masalah dan bisa memberikan GNP per kapita yang termasuk tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang yang lain," ujar Habibie di kediamannya, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/5)

Baca Juga: [BREAKING] BJ Habibie Meninggal Setelah Gagal Jantung

2. Habibie sebut wilayah Timur Tengah masih belum mengandalkan SDM-nya

Pemikiran dan Gagasan BJ Habibie Demi Indonesia yang Lebih BaikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Habibie lantas memberikan contoh di wilayah Timur Tengah, dimana terdapat sumber minyak dan gas. Namun, negara-negara di sana belum mengandalkan SDM yang ada. Sehingga, mereka harus tergantung pada orang lain.

"Kita lihat akibatnya dia sangat tergantung dengan orang lain. Sedangkan suatu bangsa itu membutuhkan dua unsur. Satu, dia harus merdeka, dan kedua, dia harus bebas," ungkap Habibie.

3. Habibie menyatakan, suatu bangsa membutuhkan kemerdekaan dan kebebasan

Pemikiran dan Gagasan BJ Habibie Demi Indonesia yang Lebih BaikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Habibie, dalam suatu bangsa membutuhkan dua unsur, yakni merdeka dan bebas. Habibie menyampaikan bahwa ada beberapa bangsa yang merdeka, tetapi tidak bebas. Begitu sebaliknya, ada yang bebas tapi tidak merdeka.

"Dua unsur yang penting itu telah diabadikan bagi saya dalam UUD. Di situ semua sampai detik ini UUD 45 itu tidak kita korek. Kita bisa sempurnakan yang namanya ketetapan MPR kita," tutur dia.

4. Jajaran tokoh Suluh Kebangsaan yang hadir

Pemikiran dan Gagasan BJ Habibie Demi Indonesia yang Lebih BaikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di dalam pertemuan hari ini, adapun para tokoh Suluh Kebangsaan yang hadir antara lain Mahfud MD, Salahuddin Wahid, Dahlan Ikhsan, Sinta Nuriah Wahid, Romo Magnis, Alissa Wahid, Siti Ruhaini, Benny Susetyo, Ajar Budi Kuncoro, Rikard Bangun, Imam Marsudi, Savic Ali, Eddy Prajanto, Quraish Shihab, Risal Mustari.

Baca Juga: Lepasnya Timor Timur dari Kacamata BJ Habibie

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You