Comscore Tracker

Presiden Jokowi Umumkan Perpanjangan PPKM Hari Ini

Kemendagri: PPKM untuk keselamatan rakyat

Jakarta, IDN Times - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir hari ini, Senin (2/8/2021). Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilyahaan Kementerian Dalam Negeri Safrizal mengungkapkan PPKM akan diperpanjang.

Safrizal menyebut perpanjangan PPKM akan diumumkan sendiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini.

"Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM tanggal 2 Agustus 2021 berakhir," kata Safrizal kepada IDN Times, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Aturan Batas Makan 20 Menit, Ketua Koordinator Warteg: Bisa Tersedak

1. Kemendagri sebut keputusan PPKM untuk mengutamakan keselamatan rakyat

Presiden Jokowi Umumkan Perpanjangan PPKM Hari IniPetugas keamanan dibantu personel TNI memeriksa warga yang akan masuk di salah satu kompleks perumahan yang melakukan karantina wilayah di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (23/6/2021). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.

Safrizal menyampaikan bahwa perpanjangan PPKML Level 4 tinggal menunggu keputusan Presiden Jokowi. Yang pasti, kata dia, apa pun kebijakan pemerintah akan mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan.

"Kebijakan yang diambil pemerintah tentunya mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, di mana tetap menempatkan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi," jelas Safrizal.

2. Kemendagri minta masyarakat taati protokol kesehatan

Presiden Jokowi Umumkan Perpanjangan PPKM Hari IniWarga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Agar kebijakan PPKM berjalan sukses, Safrizal meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, kasus COVID-19 bisa segera menurun.

"Imbauan disampaikan keoada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya penanganan pandemik COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional," ujar Safrizal.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Aturan Lengkapnya di Jakarta

3. Jokowi sebelumnya perpanjang PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021

Presiden Jokowi Umumkan Perpanjangan PPKM Hari IniPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus mendatang.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial. Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui kanal Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Namun, lanjut Jokowi, pihaknya telah menyiapkan penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat secara bertahap dengan pelaksanaan ekstra hati-hati.

Adapun, perpanjangan PPKM Level 4 diputuskan Jokowi dengan melihat tren perbaikan penanganan COVID-19 sampai sekarang.

"Laju penambahan kasus, bed occupation rate, dan positivity rate mulai menunjukan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa, namun demikian kita harus tetap berhati-hati dan waspada," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jeritan Freelancer, Ketar Ketir Bertahan Hidup di Tengah PPKM Darurat

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya