Gubernur Ali Pamerkan Kelebihan Sulawesi Barat Agar Bisa Jadi Ibu Kota

Mamuju diusulkan jadi ibu kota Indonesia

Jakarta, IDN Times - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menghadiri undangan Bappenas untuk membahas pemindahan ibu kota. Sulawesi Barat sendiri menjadi salah satu kandidat untuk lokasi ibu kota yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Menjadi salah satu kandidat ibu kota baru Indonesia, lalu apa yang diunggulkan oleh Sulawesi Barat?

Baca Juga: Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Perlu Dukungan Politik

1. Di Sulawesi Barat lokasi untuk ibu kota sudah tersedia

Gubernur Ali Pamerkan Kelebihan Sulawesi Barat Agar Bisa Jadi Ibu KotaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ali menyampaikan, wilayah-wilayah di Sulawesi Barat lokasinya kebanyakan sudah tersedia. Sehingga, kota pun bisa dibangun dengan cepat dan mudah. Pemerintah, katanya, hanya tinggal membeli peralatan untuk membangun ibu kota di Sulawesi Barat.

"Kita dorong bagaimana kota ini dibangun dengan cepat dan mudah. Di sana ya tinggal beli peralatan saja. Di sana berbukit, bergurun, tinggal digusur. Beli peralatan aja," kata Ali di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

2. Investasi yang masuk ke Sulawesi Barat sudah banyak

Gubernur Ali Pamerkan Kelebihan Sulawesi Barat Agar Bisa Jadi Ibu KotaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tidak hanya itu, Ali juga menyampaikan bahwa investasi sudah banyak yang masuk ke Sulawesi Barat, sehingga provinsi dengan ibu kota Mamuju itu sudah siap untuk menjadi kandidat ibu kota baru.

"Investasi dari swasta sekitar Rp50 triliun. Dari Amerika sekitar Rp10 triliun. Dari Arab dan kawan-kawannya sekitar Rp15 triliun. Ini juga ada yang mau berinvestasi. Kalau ini jadi ya kita sudah siap," papar Ali.

3. Jumlah penduduk di Sulawesi Barat sekitar 1,5 juta

Gubernur Ali Pamerkan Kelebihan Sulawesi Barat Agar Bisa Jadi Ibu KotaPuspen Kemendagri

Selain itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris menjelaskan bahwa jumlah penduduk di Sulawesi Barat sekitar 1,5 juta dari 6 kabupaten. Di Mamuju sendiri, jumlah penduduk kabupaten sekitar 300 ribu.

"Jumlah penduduk kotanya tidak lebih dari 50 ribu, cukup menjadi ibu kota. Dari segi konstruksi sosial penduduk, Sulawesi Barat itu cukup tidak memiliki risiko untuk jadi ibu kota negara," jelas Idris.

4. Sulawesi Barat jamin ketersediaan sumber daya

Gubernur Ali Pamerkan Kelebihan Sulawesi Barat Agar Bisa Jadi Ibu KotaIDN Times / Aan Pranata

Untuk sumber daya, Idris menjamin bahwa Sulawesi Barat memiliki ketersediaan air dan material yang mencukupi. Dari aspek keamanannnya, Idris mengatakan, Sulawesi Barat tidak berbatasan dengan negara mana pun.

"Dilihat dari segi keamanan dari bencana, bencana yang ada di Sulawesi Barat itu jauh dari Palu, jauh dari bencana alam yang kita sebut dengan gunung merapi. Kita hanya ada gempa dan itu skalanya kecil dibandingkan dengan Tokyo yang setiap saat ada gempa," ucap dia.

Ia menambahkan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, Sulawesi Barat saat ini tengah membangun pelabuhan yang mampu menampung kapal-kapal besar.

"Kami sekarang sudah diapit dan merancang 50 hektare, diapit pelabuhan yang kedalaman lautnya 25 meter. Itu standar kapal-kapal besar dan juga bandara yang saat ini dibangun," tambah dia.

5. Ada 50 ribu hektare tanah telah tersedia di Sulawesi Barat

Gubernur Ali Pamerkan Kelebihan Sulawesi Barat Agar Bisa Jadi Ibu KotaIDN Times/Toni Kamajaya

Idris menerangkan, Mamuju saat ini sudah menjadi salah satu kota yang ia usulkan untuk dijadikan ibu kota baru Indonesia. Menurut dia, Sulawesi Barat bisa merepresentasikan kawasan timur juga.

"Kalau kita bicara kawasan timur Indonesia, satu-satunya kandidat yang diusulkan oleh pemerintah Sulawesi Barat, saya kira ini juga sudah representasi dari kawasan timur Indonesia," ungkap Idris.

Dia menambahkan, Gubernur sendiri sudah menyiapkan lahan yang tersedia sebanyak 50 ribu hektare, dan masih bisa dikembangkan lagi.

"Ini hanya baru bagian-bagian kecil yang tanahnya sangat datar dan dihiasi oleh gunung yang luar biasa. Jadi dari aspek beauty dan green, itu bisa menjadi kota yang sangat green," kata Idris.

"Maka, Mamuju salah satu representasi memadai oleh pemerintah menjadi ibu kota negara dan sekaligus pemerintahan, dan 50 ribu ini masih sangat memungkinkan untuk kita kembangkan," tambahnya lagi.

Baca Juga: Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan Selatan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya